Single Part 2, Film Jomblo Terbaru dari Raditya Dika

Single Part 2, Film Jomblo Terbaru dari Raditya Dika
Pemain dan tim produksi Single 2 di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (5/4). Foto: Dedi Yondra/JPNN.Com

jpnn.com - Film-film besutan Raditya Dika semasa bujang memang lekat dengan status jomblo. Seakan-akan dia atau karakter yang diperankannya susah banget mendapat pasangan. Itulah yang masih berlanjut di film terbarunya, Single Part 2.

Buat Raditya Dika, inilah karya pemungkasnya sebagai seorang jomblo sejati. Single Part 2 menjadi film terakhir yang dia tulis sebelum menikah. Pada akhirnya, dia memperistri Anissa Aziza sebelum film tersebut diproduksi. ''Banyak argumen gue soal single. Semua kegelisahan itu dituangkan dalam cerita di film ini,'' ungkap Radit.

Masih seperti film sebelumnya, fokusnya adalah usaha dan kegagalan seorang cowok dalam mendapat pacar. Radit memerankan Ebi, cowok yang hampir memasuki usia 30 tahun dan masih saja jomblo. Awal ceritanya disambungkan dengan film terdahulunya yang dirilis pada 2015, Single.

Meski memerankan Ebi, Radit tetap terlihat seperti karakter-karakter lain yang pernah dimainkannya. Cowok cupu yang mau ngobrol dengan cewek saja susah. Ebi diceritakan bekerja sebagai stand-up comedian. Radit banget kan?

Ebi masih punya ''masalah'' yang belum terselesaikan dengan Angel (Annisa Rawles), cewek yang ditaksirnya di film pertama. Muncul Alika (Mentari Novel) yang menjadi orang ketiga sejenak. Itu pun tidak terasa konflik apa-apa karena tidak ada interaksi antara Angel dan Alika. Cerita benar-benar hanya berfokus pada kebingungan Ebi untuk mencari cewek.

Tebakannya, Ebi bakal jadian dengan Angel. Eh, sampai akhir film, tebakan itu meleset. Radit memberikan ending yang berbeda. Namun, tetap saja jalan ceritanya landai. Tidak banyak konflik yang bikin geregetan. Paling-paling, penonton hanya dibuat geregetan karena Ebi tidak kunjung nembak Angel. Kzl.

Ide ceritanya memang berangkat dari kegelisahan Radit soal status single-nya. Bapak satu anak itu sejatinya ingin membawa Ebi menjadi karakter yang galau, antara memiliki pasangan atau tidak. Apalagi didorong argumen-argumen kedua temannya, Nardi dan Johan. Yang satu adalah pemuja status single, sedangkan yang satunya mendukung Ebi untuk segera menikah.

Cerita Single Part 2 cukup ringan dan sebenarnya sangat mungkin ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Namun, untuk jalan cerita ringan seperti ini, durasi lebih dari dua jam terasa sangat lama. (deb/c14/jan)


Film-film besutan Raditya Dika semasa bujang memang lekat dengan status jomblo. Seakan-akan dia atau karakter yang diperankannya susah banget mendapat pasangan. Begitupun dengan Single Part 2


Redaktur & Reporter : Adil

Sumber Jawa Pos

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News