SMK Jadi Agen Transformasi Energi Fosil ke Terbarukan

SMK Jadi Agen Transformasi Energi Fosil ke Terbarukan
Siswa siswi SMA. Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com - jpnn.com - Berkurangnya energi fosil di tanah air, mengharuskan pemerintah mencari sumber energi baru.

Salah satu sumber energi yang digiatkan pemerintah adalah energi terbarukan, berupa hidro, air, biomassa, surya, dan laut.

Saat ini, menurut ‎Ketua ‎Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Bidang Mesin dan Teknik Industri (P4TK,BMTI) ‎Marthen K Pattiung, minat pelajar terhadap energi terbarukan masih minim.

Ini karena kurangnya informasi tentang energi terbarukan. Selain itu, industri yang bergerak di bidang energi terbarukan masih dalam skala menengah.

Di P4TK BMTI, guru-guru, pelajar, dan tenaga lokal dilatih tentang energi terbarukan.

Mulai dari proses, operasional‎ hingga pemeliharaan. Sedikitnya 140 guru SMK Teknik Energi Terbarukan (TET) sudah dilatih.
Tahun ini P4TK BMTI menargetkan 100 guru SMK yang dilatih, dengan harapan ilmunya bisa diterapkan kepada siswa SMK tempat dia mengajar.

"Potensi SMK EK ini cukup besar. Apalagi‎ standar kompetensi kerja khusus energi terbarukan (SKKK-ET) sudah disahkan Kemenaker ‎‎berdasarkan Keputusan Direktur Jenderal Pembinaan Pelatihan dan Produktivitas No KEP 415/LATTAS/XII/2016 Tanggal 13 Desember 2016‎," papar Marthen.

‎Dia menambahkan, sinergi antara pemerintah dan dunia usaha/industri sangat penting dalam mengembangkan energi terbarukan.
Selain itu, lulusan SMK bisa dilatih tentang energi terbarukan. Apalagi jika pemerintah memasukkannya dalam kurikulum SMK.

Berkurangnya energi fosil di tanah air, mengharuskan pemerintah mencari sumber energi baru.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News