SMSI dan PWI Bentuk MMC Tsunami di Banten dan Lampung

SMSI dan PWI Bentuk MMC Tsunami di Banten dan Lampung
Kerusakan akibat tsunami Selat Sunda di Carita. Foto: Ronald/AFP

jpnn.com, JAKARTA - Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) dan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) membentuk Media Crisis Center, sebagai upaya membantu penyelarasan informasi bencana tsunami di Banten dan Lampung,

Sekretaris Jenderal SMSI Firdaus yang juga ketua bidang Organisasi PWI Pusat mengatakan SMSI dan PWI telah membentuk Media Crisis Center (MCC) dan sudah menunjuk Nana S. Hamdan menjadi koordinator lapangan di Banten dan Nizwar kordinator lapangan di Lampung.

Dijelaskan Firdaus, tujuan dibentuknya MCC ini pertama, untuk memverifikasi informasi-informasi tentang situasi bencana tsunami di Banten dan Lampung, yang beredar di media sosial. “Kedua mengupdate informasi - informasi seputar tsunami Selat Sunda di Banten dan Lampung,” ujar Firdaus dalam keterangannya.

Firdaus mengatakan, pihaknya juga mendampingi dan menyalurkan bantuan dari pengurus dan anggota PWI dan SMSI untuk masyarakat terdampak bencana tsunami di Banten dan Lampung.

Firdaus mengatakan penanggungjawab Media Crisis Center ini adalah Atal S Depari (Ketua Umum PWI Pusat) dan Auri Jaya (Ketua Umum SMSI). “Ketua PWI dan Ketua SMI terlibat langsung dalam memonitor seluruh aktifitas jaringan PWI dan SMSI. Bahkan juga meninjau langsung lokasi bencana tsunami,” terangnya.

Koordinator Lapangan MCC untuk Lampung, Nizwar, mengatakan dibentuknya MCC PWI dan SMSI ini untuk memberikan informasi yang terverifikasi.

Nana S Hamdan, kordinator MCC Banten, mengatakan, “Dua cara kerja yang kita lakukan. Verifikasi dan updating berita dari optimalisasi jejaring informasi dari anggota PWI dan SMSI.”

Kotak Media Crisis Center SMSI dan PWI yang dapat dihubungi: Pusat: Untung Kurniadi (0817172438), Nandi Nanti (081288637927), Banten: Nana, S Amdan (08129383584), Rafi Herdiansyah (08211133355), Lampung: Nizwar (082186911501), Donny Irawan (0811720388). (jpnn)

Untuk membantu penyelarasan informasi bencana Tsunami di Banten dan Lampung, SMSI dan PWI membentuk Media Crisis Center.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News