SMSI Dorong Gerakan Jurnalisme Ramah Pariwisata

SMSI Dorong Gerakan Jurnalisme Ramah Pariwisata
Ketua Umum Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Auri Jaya membuka acara Focus Group Discussion (FGD) bertajuk Pencanangan Gerakan Jurnalisme Ramah Pariwisata di Hotel Pan Pasific, Jakarta Pusat, Rabu (24/10). Ist for JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) mendorong gerakan jurnalisme ramah wisata. Gerakan ini bertujuan agar kerja jurnalistik di Indonesia menjadi lebih informatik dan tidak provokatif sehingga bisa mendorong pariwisata negara.

Upaya tersebut salah satunya dimulai dengan membuat focus group discussion (FGD) bertajuk Pencanangan Gerakan Jurnalisme Ramah Pariwisata.

Ketua SMSI Auri Jaya mengharapkan, diskusi ini bisa melahirkan kurikulum jurnalistik pariwisata. "Dari empat kali FGD diharapkan akan memiliki kurikulum yang akan diluncurkan bertepatan dengan Hari Pers Nasional," kata Auri dalam sambutannya.

Auri melanjutkan, memasuki tahun kedua, SMSI memiliki kepengurusan di 27 provinsi. Dengan jaringannya itu, Auri menyatakan siap untuk berkolaborasi dengan pelaku pariwisata terutama Kementerian Pariwisata (Kemenpar).

"Dalam SMSI, ada Cyber Indonesia Network (CIN) yang merupakan produk baru SMSI yang baru diluncurkan beberapa bulan lalu oleh Kominfo. CIN tergabung 200 media online yang bisa memproduksi dua ribu berita yang membantu segala kebutuhan berita di beberapa daerah," jelas Auri.

Sementara itu, Menpar Arief Yahya menambahkan, sektor pariwisata merupakan inti ekonomi Indonesia. Arief menjelaskan, Indonesia memiliki banyak produk pariwisata. Namun, produk tersebut membutuhkan pemasaran dari segala lini.

"Negara itu mirip perusahaan, informasi digital sangat dibutuhkan sebagai digital company," kata Arief.

Dia menjelaskan, pertumbuhan pariwisata Indonesia tercepat nomor sembilan di dunia dan nomor tiga di Asia Tenggara. Sementara dari sisi keuntungannya, sektor pariwisata memberikan devisa negara terbesar melampaui minyak dan gas pada 2017.

Dengan jaringannya, Ketua SMSI Auri Jaya menyatakan siap berkolaborasi dengan pelaku pariwisata terutama Kementerian Pariwisata.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News