Soal UN SD Dijamin Tak Bocor

Soal UN SD Dijamin Tak Bocor
Soal UN SD Dijamin Tak Bocor
PADANG--Sebanyak 1.556 peserta akan mengikuti Ujian Nasional (UN) SD/Madrasah Ibtidaiyah (MI) mulai Senin-Rabu (6-8/5). Ada pun mata pelajaran yang diujiankan adalah Bahasa Indonesia, Matematika, dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA).

"Berbeda UN SMA dan SMP, pengawasan UN tingkat SD/MI sedikit lebih longgar. Misalnya, naskah soal UN tidak disimpan di kantor polisi namun disimpan di setiap sekolah yang menyelenggarakan ujian. Hal ini mempertimbangkan keberadaan sekolah yang kebanyakan jauh dari kantor polisi," kata Kepala Dinas Pendidikan Padang, Indang Dewata didampingi Kabid Pendidikan Dasar, Jelta Masri kepada Padang Ekspres (Grup JPNN), Minggu (28/4).

Indang menambahkan naskah soal akan diterima Disdik sehari sebelum ujian, Minggu (5/5). Pembagian naskah soal ini akan dilakukan di kompleks SD Alanglaweh dan tetap dikawal kepolisian.

"Meski soal UN disimpan di sekolah penyelengara, kami menjamin kerahasiaan naskah ujian. Pasalnya tempat penyimpanan soal diberi sejumlah pengaman (gembok). Naskah ujian ini biasanya disimpan di lemari yang dinilai layak lalu diberi hingga lima kunci pengaman. Setiap kunci pengaman disimpan kepala sekolah dan pengawas sekolah," ungkap Indang.

PADANG--Sebanyak 1.556 peserta akan mengikuti Ujian Nasional (UN) SD/Madrasah Ibtidaiyah (MI) mulai Senin-Rabu (6-8/5). Ada pun mata pelajaran yang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News