Jumat, 21 Juli 2017 – 21:28 WIB

Sonata Asli Mozart Berusia 200 Tahun Ditemukan di Budapest

Sabtu, 27 September 2014 – 17:47 WIB
Sonata Asli Mozart Berusia 200 Tahun Ditemukan di Budapest - JPNN.COM

Balazs Mikusi, memamerkan manuscripts Mozart. Foto: Attila Kisbenedek/AFP

SHARES

BUDAPEST - Naskah sonata terkenal milik Wolfgang Amadeus Mozart ditemukan di Budapest. Komposisi musik berusia 231 tahun itu, ditemukan oleh Balazs Mikusi, Kepala Koleksi Musik di Perpustakaan Nasional Szechenyi, Budapest Hungaria, pada Jumat (26/9) malam waktu setempat.

Sonata yang dimaksud adalah The Piano Sonata No 11 A Major (K. 331), yang disebut ditulis sekitar tahun 1783. Dan, sonata ini merupakan satu dari sekian banyak mahakarya Mozart yang dikenal luas. Sonata tersebut bahkan sudah sering dipasang sebagai ringtone berbagai produk.

"Ketika saya pertama kali melihat, saya langsung curiga itu adalah tulisan tangan Mozartish. Saya sempat berdebar, jantung saya berdenyut kencang," kata Mikusi, seperti dilansir dari AFP, Sabtu (27/9).

"Lalu saya membuka catatan referensi, dan menyadari itu adalah mayor sonata terkenal. Denyut jantung saya terasa semakin cepat," imbuh Mikusi.

Empat halaman dari naskah tersebut sudah menguning. Mikusi menemukannya di sudut gelap dari perpustakaan. "Bagaimana bisa ada di sini, masih menjadi tanda tanya," tutur Mikusi.

Untuk memverifikasi apa yang telah ia temukan, Mikusi (42 tahun) kemudian mengirim foto ke beberapa ahli Mozart di seluruh dunia. Dan seluruhnya menegaskan itu adalah naskah asli. Namun justru karena identifikasi keaslian sonata tersebut, misteri baru muncul. 

Para ahli Mozart mencatat, komponis yang lahir di Salzburg, 27 Januari 1756 dan meninggal di Wina, 5 Desember 1791 itu, tidak pernah menginjakkan kakinya di Hungaria. Pendapat sementara, naskah tersebut diberikan Mozart ke bangsawan kaya dan kemudian ada di Hungaria.

Mikusi sendiri menjadi orang pertama yang mendengarkan temuan bersejarahnya tersebut. Penasaran dengan sonata tersebut, Mikusi mengundang pianis sekaligus konduktor Hungaria Zoltan Koscis untuk memainkannya. Beberapa perbedaan muncul dari versi yang sudah dikenal dunia, dengan modifikasi kecil beberapa dalam catatan dan ritme. (adk/jpnn)

TAGS   Mozart
loading...
loading...
Masukkan komentarmu disini