Sori, Prabowo Bukan Tandingan Jokowi Lagi

Sori, Prabowo Bukan Tandingan Jokowi Lagi
Presiden Jokowi dan Prabowo Subianto. Foto: Miftahulhayat/dok.JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Pengamat politik Universitas Paramadina Jakarta Hendri Satrio mengatakan, sampai hari ini belum ada figur yang bisa menandingi petahana Joko Widodo di pemilihan presiden (pilpres) 2019.

Termasuklah Ketua Umum Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) Prabowo Subianto.

Dia menjelaskan, 2019 nanti harus ada orang baru yang bisa menandingi elektabilitas Jokowi.

“Kalau Pak Prabowo, saya lihat per hari ini kalau beliau maju lagi di 2019, bisa jadi dia (Prabowo) mengizinkan Pak Jokowi untuk dua periode. Per hari ini ya,” kata Hendri di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (7/8).

Hendri mengatakan, elektabilitas Jokowi sampai saat ini memang belum bisa menanjak untuk menyaingi Jokowi.

Selain itu, elektabilitas Jokowi juga terus melejit. Hendri menganalisis, yang bisa menurunkan elektabilitas mantan wali kota Solo itu adalah dirinya sendiri.

Misalnya, dia mencontohkan, kalau janji kampanye tidak terpenuhi, bila perut rakyat lapar dan jika terkait persoalan utang negara, itu bisa memengaruhi dan otomatis menurunkan elektabilitas Jokowi.

“Jadi, elektabilitas Pak Jokowi turun naik disebabkan oleh dirinya, bukan dari lawan-lawan politiknya,” tegas Hendri.

Karena itu, kata dia, sampai saat ini belum ada figur yang bisa menandingi Jokowi.

Namun, Hendri menuturkan, bisa saja terjadi seperti 2014 lalu ketika orang kebingungan mencari figur pengganti Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) kemudian muncul Jokowi.

“Nah, ini memang Pak Jokowi salah satu bebannya adalah membawa PDI Perjuangan untuk menang di 2019,” katanya. (boy/jpnn)


Pengamat politik Universitas Paramadina Jakarta Hendri Satrio mengatakan, sampai hari ini belum ada figur yang bisa menandingi petahana Joko Widodo


Redaktur & Reporter : Boy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News