Sosok Suryo, Putra Dalem Paku Alam X di Mata Sang Ibunda

Sosok Suryo, Putra Dalem Paku Alam X di Mata Sang Ibunda
B.P.H. Kusumo Bimantoro akan menikah dengan Maya Lakshita Noorya, pada 5 Januari 2019. Foto: Istimewa

jpnn.com, YOGYAKARTA - Melepas masa bujang di usia 26 tahun, membuat Suryo, putra pertama Sri Paduka Paku Alam X semakin mantap menapaki satu fase dalam kehidupan. Pria yang bergelar B.P.H. Kusumo Bimantoro akan mempersunting seorang dokter cantik bernama Maya Lakshita Noorya, pada 5 Januari 2019.

Lalu seperti apa figur seorang Suryo dalam kehidupan sehari-hari?

Dilahirkan dan besar di lingkungan Pura Pakualaman, DIY, putra pertama dari Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Aryo (K.G.P.A.A) Paku Alam X dan G.K.B.R.Ay.A. Paku Alam ini tergolong pribadi yang pendiam dan tertutup. Meski begitu, dia tetap diajarkan untuk tetap ramah, sopan dan berbaur dengan para kerabat.

“Mas Suryo itu sosok yang pendiam waktu kecil tapi ceria suka senyum dan manut (nurut) sama orang tuanya. Saya mengajarkan kepada anak-anak saya bahwa kita harus sama dengan masyarakat yang ada di Puro ini,” ungkap G.K.B.R.Ay.A. Paku Alam, ibunda Suryo.

Tumbuh di lingkungan Puro, Suryo kecil bersekolah di TK dan SD Puro. Dia tergolong unggul dalam bidang akedemik. Menurut sang Ibunda, Suryo sangat menyukai pelajaran berhitung, seperti Matematila dan Fisika. Berkat kemampuannya tersebut, ia pun beberapa kali pernah menjuarai olimpiade fisika saat duduk di bangku SMP 5 Yogyakarta. Dia pun sempat juga mengambil program akselerasi selama 2 tahun.

Selepas lulus SMP, Suryo melanjutkan ke SMA 5 Yogyakarta. Di sekolah inilah ia bertemu dan menjalin kasih dengan gadis cantik bernama Shita, sang calon istri. Jalinan asmara tersebut makin membuat ia semakin giat belajar. Hingga pada akhirnya mereka berdua melanjutkan studi kuliah di Universitas Gadjah Mada (UGM).

“Mas Suryo itu dari kecil juga hobi menggambar sampai dia masuk UGM arsitektur. Gurunya sayang loh kenapa Suryo enggak masuk fisika kok masuk arsitektur? katanya aku lebih suka gambar,” cerita sang Ibunda yang juga akrab disapa Gusti Putri itu.

Berprestasi di bidang akademik, juga tak lantas membuatnya acuh terhadap keluarga. Di waktu senggang, dia kerap bermain dan bergurau dengan sang adik, Bismo yang usianya 5 tahun di bawahnya. Dia juga sering bekerja sama dan membantu setiap kegiatan sang adik. Layaknya saudara laki-laki, sesekali mereka juga pernah terlibat perselisihan satu sama lain.

Mas Suryo itu sosok yang pendiam waktu kecil tapi ceria suka senyum dan manut (nurut) sama orang tuanya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News