Ssttt, Ini Kabar Terbaru soal Rencana Pemindahan Ibu Kota

Ssttt, Ini Kabar Terbaru soal Rencana Pemindahan Ibu Kota
Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Bambang PS Brodjonegoro. Foto: dokumen JPNN.Com

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Bambang PS Brodjonegoro menyampaikan kabar terbaru soal rencana pemindahan ibu kota pemerintahan. Sebab, kajian Bappenas tentang pemindahan ibu kota dari Jakarta telah menemui titik terang.

Menurut Bambang, sejauh ini sudah ada beberapa daerah yang masuk dalam daftar opsi tentang calon ibu kota. Nantinya, daerah-daerah tersebut akan dimasukkan dalam kajian.

"Sudah muncul beberapa kandidat, nanti akan disampaikan dalam kajiannya," ujarnya usai Sarasehan 100 Ekonom di Grand Sahid, Jakarta, Selasa (12/12).

Sayangnya, mantan menteri keuangan itu enggan memerinci nama-nama daerah yang akan menjadi calon lokasi ibu kota. Yang jelas, katanya, calon ibu kota baru itu ada di luar Pulau Jawa.

"Nggak boleh (disebutkan saat ini, red), yang pasti luar Jawa," terangnya.

Dia memperkirakan kajian itu akan selesai pada akhir Desember ini. Dengan demikian, Bambang pihaknya bisa langsung mengajukannya ke Presiden Joko Widodo.

"Saya harus lapor dulu ke presiden. Akhir Desember selesai, baru lapor presiden. Sekarang hampir selesai," terangnya.

Peraih gelar Ph.D dari University of Illinois at Urbana-Champaign itu menjelaskan, kajian yang dilakukan Bappenas tentang pemincahan ibu kota meliputi seluruh aspek, termasuk pembiayaan dan perkiraan anggarannya.Hanya saja, Bappenas memang belum membuat desain calon ibu kotanya.

Menteri PPN/Kepala Bappenas Bambang PS Brodjonegoro menyampaikan kabar terbaru soal rencana pemindahan ibu kota pemerintahan dari Jakarta ke luar Jawa.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News