Stres Bisa Sebabkan Berat Badan Naik?

Stres Bisa Sebabkan Berat Badan Naik?
Berat Badan. ILUSTRASI. FOTO: Laman Health

jpnn.com, JAKARTA - Bila Anda sedang mengalami stres, tampaknya harus lebih waspada dan memperhatikan asupan makanan.

Sebab, stres bisa membuat angka timbangan berat badan Anda naik.

"Mungkin kedengarannya aneh dan tidak mungkin, tapi Fathimah Stanford, instruktur kedokteran dan pediatri di Harvard Medical School dan dokter obat obesitas di Massachusetts General Hospital, mengatakan hal ini terjadi. Sebagian besar pasien saya akan mengalami kenaikan berat badan bila mengalami stres," kata Fathimah, seperti dilansir laman Glmaour, Minggu (9/7).

Sebab menurutnya, saat Anda stres, tubuh ingin mempertahankan diri, sehingga mereka mulai mempertahankan berat badan.

Pada dasarnya, meski sudah berolahraga secara teratur dan makan dengan baik seperti yang biasa Anda lakukan, Anda masih bisa mengalami kenaikan berat badan karena tubuh mencoba menangkal ancaman yang tidak terlihat.

"Biasanya dengan stres kronis Anda akan melihat ini. Ada ambang batas tertentu yang bisa dikenali orang saat mereka merasakan beban stres, di luar tekanan kehidupan sehari-hari," kata Cody Stanford.

"Biasanya saat ambang batas itu tercapai adalah saat kita melihat pertarungan dengan peraturan berat badan," tambah Stanford.

Cody Stanford mengatakan, hal ini sangat umum karena itu dia biasanya bertanya pada pasiennya tentang tingkat stres mereka bersamaan dengan diet, kebiasaan berolahraga dan pola tidur.

Bila Anda sedang mengalami stres, tampaknya harus lebih waspada dan memperhatikan asupan makanan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News