Stres di Pagi Hari Bisa Optimalkan Kinerja Otak?

Stres di Pagi Hari Bisa Optimalkan Kinerja Otak?
Ilustrasi otak. Foto: Pixabay/JPNN.com

jpnn.com - Sebuah penelitian yang dilakukan oleh pekerja Jepang menghasilkan sesuatu yang mengejutkan, bahwa stres saat bangun tidur justru membuat kerja otak Anda semakin baik.

Hal ini mungkin terdengar aneh. Namun, dilansir dari BBC, penelitian ini dilakukan pada pekerja yang dihadapkan pada tes stres, baik 2 jam atau 10 jam setelah bangun. Tes ini sebagai pengandaian ketika mereka melakukan tugas yang menegangkan pada hari pertama kerja atau hari terakhir sebelum meninggalkan kantor.

Studi ini menemukan bahwa kadar kortisol pekerja meningkat secara signifikan setelah menjalani tes awal. Hormon kortisol memang selalu dilepaskan pada saat stres. Akan tetapi, hormon ini juga punya peran bagus. Hal ini dijelaskan oleh Yujiro Yamanaka, seorang profesor dari Universitas Hokkaido di Jepang.

"Kortisol sebagai hormon utama yang terlibat dalam merespons terhadap sesuatu memainkan peran penting untuk melindungi tubuh dari pengaruh negatif," ujarnya.

Selain itu, kortisol juga mengatur tekanan darah dan mengatur kadar gula darah. Hal ini untuk memastikan bahwa ketika stres, Anda tidak merasa panik, tetapi memiliki pikiran dan energi untuk melakukan sesuatu.

Itulah sebabnya, pada pagi hari di mana hormon kortisol banyak diproduksi, Anda akan lebih mampu untuk tenang kembali setelah mendapat tekanan tertentu. Kondisi ini juga yang kemudian bisa membuat kerja otak lebih optimal.

Demikianlah beberapa cara untuk mengoptimalkan kerja otak Anda dan hal lain yang perlu diketahui seputar kinerja otak. Sebagai salah satu organ tubuh yang penting, otak perlu terus dirawat sekaligus diasah agar selalu dalam kondisi optimal. Jadi, lakukan kiat-kiat di atas, dan tetap imbangi dengan konsumsi makanan sehat, untuk hidup yang lebih baik.(NP/RVS/klikdokter)


Sebagai salah satu organ tubuh yang penting, otak perlu terus dirawat sekaligus diasah agar selalu dalam kondisi optimal.


Redaktur & Reporter : Yessy

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News