Suciwati Munir: Jokowi Nol!

Suciwati Munir: Jokowi Nol!
Istri almarhum Munir Said Thalib, Suciwati saat mengultimatum Jokowi agar membuka dokumen investigasi Tim Pencari Fakta (TPF) kasus pembunuhan Munir, Jakarta, Rabu (19/10). Foto: Ricardo/JPNN.com Ilustrasi :

jpnn.com, JAKARTA - Istri almarhum aktivis Hak Asasi Manusia (HAM) Munir Said Thalib, Suciwati kembali menagih komitmen Presiden Joko Widodo untuk menuntaskan kasus pelanggaran HAM di Indonesia.

Pasalnya, menurut Suciwati, selama tiga tahun terakhir Jokowi sama sekali belum berbuat apa-apa untuk merealisasikan janjinya itu.

"Saya bilang pemerintahan ini tidak punya jiwa dalam penegakkan hukum. Saya pikir dalam penindakan hukum dan HAM, Jokowi nol," kata Suci di kantor Komisi untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan (KontraS), Jakarta Pusat, Rabu (16/8).

Suci mengungkapkan, untuk menuntaskan kasus sederhana seperti kematian Munir, sebenarnya sangat mudah.

Pasalnya, sudah ada hasil penyelidikan yang dilakukan tim pencari fakta. Menurut Suciwati, pemerintah tinggal menindaklanjuti temuan-temuan tim yang dibentuk di era pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) tersebut.

"Kalau dia enggak berani, ya apa bedanya dengan presiden yang kemarin. Presiden kemarin lumayan, bikin TPF ya, meskipun nol juga soal penegakkan hukumnya," pungkas Suci. (ipk/rmol)

Istri almarhum aktivis Hak Asasi Manusia (HAM) Munir Said Thalib, Suciwati kembali menagih komitmen Presiden Joko Widodo untuk menuntaskan kasus


Redaktur & Reporter : Adil

Sumber RmolJakarta

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News