Sudah Tak Zaman MPV Idaman Kurang Fitur Keamanan

Sudah Tak Zaman MPV Idaman Kurang Fitur Keamanan
Ilustrasi Wuling Confero S. Foto: ridha/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Permintaan terhadap mobil keluarga serbaguna atau multi purpose vehicle (MPV) masih tetap tinggi. Mendorong banyak produsen merilis produk MPV sehingga pilihannya di pasar pun menjadi semakin beragam.

Masyarakat pun dibuat gampang-gampang susah saat memilih, soal selera, budget hingga faktor keamanan dan keselamatan menjadi pertimbangan utama, karena sebagai mobil keluarga.

Perkembangan fitur keselamatan di MPV pun terus berkembang khususnya segmen entry level. Dalam beberapa tahun belakang, sejumlah fitur keselamatan di low MPV sudah menjadi standar. Pemenuhan ini sesuai permintaan masyarakat yang sejalan dengan kesadaran keselamatan selama berkendara.

Secara umum fitur keselamatan mobil terbagi dua, yakni aktif dan pasif. Keduanya berfungsi mengantisipasi potensi kecelakaan.

Fitur keselamatan aktif mencakup antilock braking system (ABS), brake assist (BA), electronic brake force distribution (EBD).

Sementara fitur keselamatan pasif otomatis bekerja pada saat kecelakaan. Ketika mobil terbentur benda keras secara kencang, otomatis fitur tersebut akan berfungsi dengan sendirinya.

Dari sejumlah fitur di atas, sebagian besar sudah menjadi fitur keamanan standar yang diterapkan di low MPV dewasa ini.

Begitu pula dengan produk low MPV Wuling Confero S. Sejumlah fitur keamanan dan keselamatan sudah sangat diperhatikan.

Meliputi dual front SRS Airbag, sensor parkir depan dan kamera belakang, rem cakram di ban depan dan belakang, Tire Pressure Monitoring System yang memberikan informasi mengenai tekanan angin pada ban, seatbelt sampai baris ketiga plus seatbelt indicator, dan ISOFIX.

Banyaknya model MPV di pasar membuat masyarakat gampang-gampang susah saat memilih MPV idaman. Salah satu pertimbangan saat ini ialah fitur keamanan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News