Sumsel Bisa Contoh Penyelenggaraan Formula 1

Sumsel Bisa Contoh Penyelenggaraan Formula 1
Formula 1. ILUSTRASI. FOTO: AFP

jpnn.com, JAKARTA - Anggota Komisi X DPR Mujib Rohmat menilai terpilihnya Sumatera Selatan (Sumsel) sebagai tuan rumah Asian Games 2018 akan memberikan efek 'lokal'. Baik itu untuk daerah dan juga masyarakat adat.

Menurut Mujib, efek pertamanya adalah secara ekonomis. Keuda, efek dari publikasi penyelenggaraan Asian Games itu kepada daerah.

Karenanya Mujib menambahkan, untuk bisa merasakan dampak tersebut sebaiknya Sumsel mencontoh apa yang dilakukan Singapura dan beberapa negara maju lainya yang memanfaatkan olahraga untuk meningkatkan ekonomi dan promosi daerah.

Dia mencontohkan, seperti penyelenggaran Formula 1 di negara-negara lain para pendatangnya bukan sekadar untuk nonton, tapi juga melihat negara tersebut, hingga berbelanja.

"Dari situ akan memberikan efeknya ekonominya dan juga pariwisatanya," ujar Mujib di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Kamis (23/3).

Politikus Partai Golkar ini menyarankan Sumsel juga dapat melibatkan setiap atlet asli daerah untuk berlaga dalam sejumlah partandingan. Sebab, hal itu akan turut mengangkat popularitas Sumsel.

Selain itu, Mujib juga berharap Sumsel mempersiapkan duta-duta yang bagus untuk pelayanan komunikasi, transportasi, informasi dan kemudahan lainnya.

Dia menambahkan, bisa saja melibatkan mahasiswa yang berprestasi untuk daerahnya sebagai duta. Hal ini semua perlu dilakukan agar ada efek ekonomi dan sosial dalam penyelenggaraan Asian Games.

Anggota Komisi X DPR Mujib Rohmat menilai terpilihnya Sumatera Selatan (Sumsel) sebagai tuan rumah Asian Games 2018 akan memberikan efek 'lokal'.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News