SUN Naik, Ekonomi Diyakini Sehat

SUN Naik, Ekonomi Diyakini Sehat
SUN Naik, Ekonomi Diyakini Sehat
JAKARTA- Berdasarkan data Direktorat Jenderal Pengelolaan Utang Kementrian Keuangan, Kepemilikan asing pada Surat Utang Negara (SUN) mencapai Rp177,27 triliun. Angka ini menunjukkan kenaikan sekitar Rp1 triliun dari periode 3 Agustus 2010 sebesar Rp176,24 triliun. Dana tersebut terdirki dari industri reksadana memiliki SUN sebesar Rp49,61 triliun dan asuransi sebesar Rp80,35 triliun. Selain itu, dana pensiun memiliki SUN sebesar Rp36,97 triliun.

Ekonom Danareksa  Research Institute Purbaya Yudhi Sadewa, mengatakan bahwa peningkatan SUN ini menunjukkan terjadinya trend positif bagi Indonesia. Dan ini membuktikan bahwa kondisi ekonomi Indonesia terus membaik dan menunjukkan asing cukup nyaman menanamkan modalnya di dalam negeri.

"Besarnya dana asing yang masuk kedalam SUN ini, membuktikan ekonomi Indonesia semakin membaik. Ini nantinya akan memperkuat nilai tukar Rupiah terhadap Dollar," ujar Purbaya kepada wartawan di Jakarta, Senin (9/8).

Selain itu, Perbankan juga mencatatkan kepemilikan SUN tertinggi sebesar Rp224,76 triliun per 5 Agustus 2010. Sementara total SBN yang dapat diperdagangkan sebesar Rp637,53 triliun.

JAKARTA- Berdasarkan data Direktorat Jenderal Pengelolaan Utang Kementrian Keuangan, Kepemilikan asing pada Surat Utang Negara (SUN) mencapai Rp177,27

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News