Sungai Ngison Meluap, Rumah dan Sawah Terendam Banjir

Sungai Ngison Meluap, Rumah dan Sawah Terendam Banjir
Banjir. Foto: JPG

jpnn.com, LAMPUNG - Hujan deras disertai angin kencang yang melanda Pekon Bumiwaras, Kecamatan Waykrui, Pesisir Barat (Pesbar), menyebabkan aliran Sungai (Way) Ngison meluap, Minggu (18/6).

Akibatnya, sejumlah rumah dan sawah warga di sisi aliran sungai tersebut terendam banjir.

Peratin Bumiwaras Aulia Rahman mengatakan, rumah yang berada di pinggiran sungai kerap terendam saat terjadi hujan deras karena debit air meningkat.

”Di sana langganan banjir karena sejumlah titik aliran sungai tersumbat kayu dan sampah-sampah yang terbawa,” kata dia.

Beberapa waktu lalu pihaknya bersama warga telah bergotong-royong membersihkan sungai dari material kayu dan sampah yang terbawa aliran.

Tapi karena hanya menggunakan alat seadanya, hasilnya pun tidak maksimal. Menurut dia, harus menormalisasi sungai menggunakan alat berat.

Pihaknya sudah beberapa kali menyampaikan usulan kepada Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) agar aliran Way Ngison dinormalisasi. Tapi hingga kini belum ada respons.

”Karena bisa kita pastikan saat hujan deras, sungai meluap dan merendam rumah di pinggir sungai itu,” terangnya seperti dilansir Radar Lampung (Jawa Pos Group) hari ini.

Hujan deras disertai angin kencang yang melanda Pekon Bumiwaras, Kecamatan Waykrui, Pesisir Barat (Pesbar), menyebabkan aliran Sungai (Way) Ngison

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News