Surat Cinta Lawas Mantan Selir buat Sultan Ottoman, Romantis Banget

Surat Cinta Lawas Mantan Selir buat Sultan Ottoman, Romantis Banget
Surat cinta bertarikh 1536 dari Ratu Hurrem untuk Sultan Sulaiman. Foto: Hurriyet

jpnn.com, ANKARA - Lembaga Arsip Kepresidenan Turki merilis surat cinta pada era kekuasaan Ottoman atau Utsmani, persisnya pada massa Sultan Sulaiman Yang Luar Biasa. Ada surat cinta dari Ratu Hurrem yang mantan harem untuk Sultan Sulaiman yang bertakhta pada 1520-1566.

Pengarsip menyebut surat dari Hurrem untuk Sultan Sulaiman memperlihatkan kisah cinta yang paling kondang pada masa itu. Surat cinta Hurrem untuk Sulaiman yang sedang berada di medan perang itu juga menunjukkan contoh terbaik tentang puisi dan prosa Turki.

Sulaiman dikenal sebagai sultan paling sukses sepanjang sejaran Kesultanan Utsmani. Berkuasa selama hampir setengah abad, Sulaiman berhasil meluaskan wilayah Utsmani hingga Afrika Utara dan Eropa Timur.

Di luar keberhasilan sebagai sultan, Sulaiman juga kondang karena kisah cintanya dengan Hurrem. Sebelumnya Hurrem adalah mantan budak kesultanan.

Dalam surat itu, Hurrem secara romantis mengungkap isi hatinya lantaran jauh dari Sulaiman. Berada di dekat Sulaiman merupakan segalanya bagi Hurrem.

“Saya tersesat di alam semesta ciptaan Tuhan kita. Saya hidup pada tahun-tahun terbaik di bawah perlindunganmu, seperti mutiara dalam kotak perhiasanmu. Terimalah penyesalan dari budakmu yang sedih dan tak berdaya ini, menderita karena ketiadaanmu. Hanya di sisimulah kutemukan kedaiaman,” tulis Hurrem dalam surat bertarikh 1536 itu.

“Kata-kata dan tinta tidak akan cukup untuk menceritakan kebahagiaan dan kegembiraanku, ketika aku ada di sisimu. Kenangan akan hari-hari yang kita habiskan bersama, saat-saat kita berbagi, mengisi hati pelayanmu,” sambung Hurrem.

“Aku melipur diri dengan kenangan-kenangan karena ketiadaanmu. Aku begitu terpuruk saat kau jauh. Tak seorang pun mampu mengobati kesedihanku,” tuturnya.

Lembaga Arsip Kepresidenan Turki merilis surat cinta pada era kekuasaan Ottoman atau Utsmani, persisnya pada massa Sultan Sulaiman Yang Luar Biasa.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News