Survei: Caleg PSI Langkahi Petahana dari PKS di Sumbar II

Survei: Caleg PSI Langkahi Petahana dari PKS di Sumbar II
Pemilu 2019. Ilustrasi: radartegal.com

jpnn.com, JAKARTA - Sumatera Barat selama ini dikenal sebagai basis oposisi dan partai Islam. Namun, caleg PSI Endang Tirtana ternyata bisa menunjukkan tajinya di dapil ini. Elektabilitasnya bahkan bisa menyalip petahana dari PKS.

Berdasarkan survei Y-Publica, elektabilitas Endang sudah mencapai 4,8 persen. Raihan itu menempatkannya di atas petahana, seperti Refrizal dari PKS (3,9 persen), Agus Susanto dari PDIP (3,6 persen) dan Muhammad Iqbal dari PPP (1,5 persen).

“Pendatang baru dari partai politik baru berhasil menerobos dominasi caleg petahana dari partai-partai lama,” ungkap Direktur Eksekutif Y-Publica, Rudi Hartono melalui siaran pers di Jakarta, pada Rabu (20/3).

Elektabilitas tertinggi masih dipegang caleg petahana dari Demokrat H Mulyadi dengan 10,6 persen. Disusul Ade Rezki Pratama dari Gerindra (9,1 persen) dan John Kenedy Azis dari Golkar (7,4 persen). Satu kursi dari enam yang tersedia kemungkinan jatuh ke tangan ketua DPW PPP Sumbar Hariadi dengan 4,6 persen.

“Mereka yang belum menentukan pilihan masih cukup tinggi, mencapai 29,3 persen,” kata Rudi.

Survei: Caleg PSI Langkahi Petahana dari PKS di Sumbar II

Ini memberi peluang bagi caleg-caleg petahana maupun pendatang baru untuk memperbesar raihan elektabilitas. “Nama-nama caleg yang lain elektabilitasnya terlalu kecil, yang jika ditotal keseluruhannya hanya tersisa 5,4 persen,” pungkas Rudi.

BACA JUGA: Ingatkan Kubu Jokowi dan Prabowo Tak Langsung Puas oleh Hasil Survei

Sumatera Barat selama ini dikenal sebagai basis oposisi dan partai Islam. Namun, caleg PSI Endang Tirtana ternyata bisa menunjukkan tajinya di dapil ini.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News