Survei: Pendatang Baru Mengancam Petahana Jateng IV

Survei: Pendatang Baru Mengancam Petahana Jateng IV
Survei Y-Publica mengenai elektabilitas caleg Dapil Jateng IV. foto: Ist

jpnn.com, JAKARTA - Dapil Jawa Tengah IV yang meliputi wilayah Wonogiri, Karanganyar dan Sragen, dipastikan menjadi arena pertarungan sengit pada Pemilu Legislatif 2019 mendatang. Bagaimana tidak, tujuh jatah kursi yang ada bakal diperebutkan tujuh petahana, empat mantan kepala daerah dan puluhan caleg lainnya.

“Bambang Wuryanto caleg petahana dari PDIP masih meraih elektabilitas tertinggi sebesar 16,8 persen,” ungkap Direktur Eksekutif Y-Publica Rudi Hartono dalam siaran pers di Jakarta, pada Minggu (24/2).

Elektabilitasnya diikuti mantan Bupati Sragen Agus Fatchur Rahman dengan elektabilitas 9,4 persen. Di posisi selanjutnya ada pendatang baru rasa lama yakni Waketum Gerindra Ferry Juliantono dengan 7,5 persen.

Caleg petahana lainnya adalah Agustina Wilujeng Pramestuti dari PDIP (5,9 persen), Rinto Subekti dari Demokrat (5,6 persen), Laila Istiana Diana Savitri dari PAN (5,3 persen), Endang Maria Astuti dari Golkar (2,8 persen), dan Martri Agoeng dari PKS (2,0 persen).

Selain mereka, ada pula mantan Bupati Wonogiri Danar Rahmanto dengan elektabilitas 1,9 persen dan mantan Wakil Bupati Karanganyar Paryono 1,4 persen. Keduanya maju menggunakan kendaraan politik PDIP.

Ada pula mantan calon bupati Wonogiri Hamid Noor Yasin yang sebelumnya terpilih sebagai anggota DPR dari PKS pada Pemilu 2014, dengan elektabilitas 3,1 persen. Lalu mantan bupati Wonogiri dua periode Begug Purnomosidi yang kini maju sebagai caleg Berkarya, meraih elektabilitas 0,6 persen.

“Selain caleg mantan kepala daerah, ancaman juga muncul dari caleg-caleg pendatang baru,” tutur Rudi. Sebut saja caleg dari Partai Solidaritas Indonesia (PSI) HM Ali Badarudin (3,4 persen) dan Luluk Nur Hamidah dari PKB (1,6 persen).

“Sebagai partai politik (parpol) baru, dapil Jateng IV diprediksi dapat menyumbang satu kursi Senayan bagi PSI,” lanjut Rudi. P

Dapil Jawa Tengah IV yang meliputi wilayah Wonogiri, Karanganyar dan Sragen, dipastikan menjadi arena pertarungan sengit pada Pemilu Legislatif 2019 mendatang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News