Survei SPIN: Anies-Sandi Jauh Tinggalkan Ahok-Djarot

Survei SPIN: Anies-Sandi Jauh Tinggalkan Ahok-Djarot
Pemaparan survei SPIN di kawasan Cikini, Jakarta Pusat. Foto: Ist

jpnn.com, JAKARTA - Lembaga survei berlomba-lomba mengumumkan hasil riset terbaru mereka di hari terakhir masa kampanye Pilkada DKI 2017. Total ada empat lembaga yang mengumumkan hasil survei elektabilitas hari ini, Sabtu (15/4).

Salah satunya adalah Survei dan Polling Indonesia (SPIN). Lembaga yang dipimpin Igor Dirgantara ini bertanya kepada responden mengenai siapa yang akan mereka pilih jika pencoblosan Pilkada DKI digelar hari ini.

Hasilnya, pasangan Anies Baswedan-Sandiaga Uno dipilih oleh 52 persen responden. Sedangkan pasangan petahana Ahok-Djarot mendapat 43 persen suara. Hanya 5 persen responden yang mengaku belum menentukan pilihan.

Berdasarkan hasil ini, jelas bahwa elektabilitas Ahok-Djarot hampir tak mungkin mengejar pasangan calon nomor urut tiga.

Direktur SPIN Igor Dirgantara mengatakan, naiknya elektabilitas Anies Sandi dipengaruhi oleh beralihnya suara mayoritas pemilih Agus Sylvi.

"Sebanyak 77% pemilih yang pada putaran pertama memilih Agus-Sylvi mengalihkan suaranya kepada Anies-Sandi. Hal inilah yang menyebabkan elektabilitas Paslon no tiga melonjak naik. Sementara itu suara Agus-Sylvi yang beralih ke Basuki Djarot hanya 8%," terang Igor.

Survei dilakukan dengan mewawancara tatap muka terhadap 761 responden di DKI Jakarta pada periode 8-13 April 2017. Informasi yang dihasilkan berupa profil dan pandangan responden terhadap pilihannya pada Pilkada DKI Jakarta putaran ke-2 mendatang.

Margin of Error survei ini +/- 3,1%. Hasil survei dapat mewakili pendapat seluruh warga DKI Jakarta.

Lembaga survei berlomba-lomba mengumumkan hasil riset terbaru mereka di hari terakhir masa kampanye Pilkada DKI 2017. Total ada empat lembaga yang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News