Survei Terbaru LSI Denny JA: 5 Parpol Berpeluang Besar Lolos ke Senayan

Survei Terbaru LSI Denny JA: 5 Parpol Berpeluang Besar Lolos ke Senayan
Hasil survei terbaru LSI Denny JA dirilis di Jakarta, Jumat (5/4), lima partai politik berpeluang besar lolos ke Senayan. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Hasil survei Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA menyatakan lima partai politik peserta Pemilu 2019 berpotensi besar lolos ke gedung DPR RI Senayan. Sebab, kelima partai tersebut memiliki elektabilitas di atas ambang batas parlemen (parliamentary threshold) yakni empat persen.

"Lima partai diprediksi kuat lolos. Sebab, hanya lima partai yang konsisten elektabilitasnya di atas empat persen," kata Peneliti LSI Denny JA Rully Akbar di Jakarta Timur, Jumat (5/4).

Rully mengatakan, lima partai yang memiliki peluang besar lolos parlemen yakni PDIP, Gerindra, Golkar, PKB, dan Demokrat. Tercatat, kelimanya saat ini juga sudah menempatkan wakilnya di DPR RI.

"PDIP sebagai pemuncak klasemen. Berpotensi menjadi juara," kata Rully.

BACA JUGA: Janji Sandiaga kepada Guru Non-PNS, Sudah Terbukti saat jadi Wagub DKI

Hasil LSI Denny JA, partai dengan elektabilitas tertinggi yakni PDIP dengan 24,6 persen. Partai Gerindra menyusul di posisi kedua dengan 13,4 persen.

Golkar menyusul di posisi ketiga dengan elektabilitas 11,8 persen. Berturut-turut setelah itu Partai Demokrat dengan 5,9 persen dan PKB dengan 5,8 persen.

Sebagai informasi, LSI Denny JA menggelar survei pada periode 18 sampai 26 Maret 2019 dengan melibatkan 1.200 responden di 34 provinsi Indonesia.

Hasil survei terbaru LSI Denny JA yang dirilis hari ini menyebutkan ada lima partai politik yang berpeluang besar lolos ke Senayan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News