Sutarmidji: Kalau Saya Menterinya, Enam Bulan Selesai

Sutarmidji: Kalau Saya Menterinya, Enam Bulan Selesai
Sutarmidji. Foto: Fikri Akbar/dok.JPNN.com

jpnn.com, PONTIANAK - Wali Kota Pontianak, Kalbar, H. Sutarmidji menilai, target Presiden Joko Widodo menerbitkan tujuh juta sertifikat dalam waktu setahun, sangat masuk akal.

Bahkan dia memastikan target ini bisa tercapai dalam enam bulan, jika dirinya yang ditunjuk sebagai Menteri Agraria dan Tata Ruang.

Sebagai gambaran, Sutarmidji menjelaskan, Indonesia memiliki 514 kabupaten/kota.

Bila satu kabupaten/kota saja ditargetkan 10 ribu sertifikat saja selama setahun, artinya sudah ada sekitar 5.140.000 sertifikat dalam setahun. Ingin lebih dari itu, target bulanan per kabupaten/kota tinggal menaikkan saja.

“Itu sudah mencukupi. Masa’ satu bulan tidak bisa menyelesaikan seribuan sertifikat. Pegawai BPN kan banyak. Kalau saya jadi menterinya, enam bulan itu selesai,” katanya.

Dikatakannya, tahap awal kemungkinan BPN bakal kesulitan, karena infrastruktur yang ada belum sepenuhnya siap. Seperti juru ukur dan lain sebagainya.

Namun, agar lebih memudahkan, dia menyarankan agar BPN Kota Pontianak maupun Kalbar dapat mensertifikasi sertifikat seluruh aset milik pemerintah terlebih dahulu.

“Saya ambil contoh, di Pontianak saja terdapat sekitar tiga ribuan gang. Misalnya, satu gang ukuran kisaran empat meter lebar dan 360 meter panjangnya, kemudian gang lainnya dengan ukuran sekian, semua disertifikatkan,” katanya.

Wali Kota Pontianak, Kalbar, H. Sutarmidji menilai, target Presiden Joko Widodo menerbitkan tujuh juta sertifikat dalam waktu setahun, sangat masuk

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News