Suu Kyi Berjanji Segera Masuk Parlemen

Suu Kyi Berjanji Segera Masuk Parlemen
Suu Kyi Berjanji Segera Masuk Parlemen
YANGON - Aung San Suu Kyi tidak mau terlalu lama menunda tugasnya sebagai wakil rakyat. Tokoh demokrasi Myanmar itu berharap masalah teknis terkait pemakaian frase dalam teks pengambilan sumpah anggota parlemen bisa segera diselesaikan. Dengan demikian, dia bisa segera menjalankan fungsinya sebagai legislator.

Dalam konferensi pers seusai bertemu Menteri Luar Negeri (Menlu) Italia Giulio Terzi kemarin (26/4), Suu Kyi menegaskan bahwa masalah teknis itu tidak perlu dibesar-besarkan. Dia berharap hal itu tak sampai memunculkan sentimen politik dalam pemerintahan. "Mudah-mudahan ini segera selesai tanpa menimbulkan berbagai masalah baru," tuturnya.

Menurut Suu Kyi, dirinya bersama para politisi lain dari Liga Nasional untuk Demokrasi (NLD) berharap bisa secepatnya gabung dengan wakil pemerintah di parlemen. "Kami ingin segera mengabdi pada bangsa ini. Bukan hanya dari luar gedung parlemen seperti yang kami lakukan selama 20 tahun terakhir ini, melainkan juga mengabdi dari dalam dewan nasional," ujar politikus 66 tahun tersebut.

Suu Kyi dan anggota NLD yang memenangkan pemilu sela pada 1 April lalu seharusnya sudah duduk di parlemen. Mereka seharusnya diambil sumpah sebagai wakil rakyat pada Senin lalu (23/4). Tetapi, NLD memiliki pandangan tak sama dengan pemerintah perihal frase yang tercantum dalam teks ikrar dan sumpah anggota parlemen. Itu terkait dengan frase "melindungi konstitusi" dan "menghormati konstitusi".

YANGON - Aung San Suu Kyi tidak mau terlalu lama menunda tugasnya sebagai wakil rakyat. Tokoh demokrasi Myanmar itu berharap masalah teknis terkait

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News