Syukurlah, Banjir Sudah Mulai Surut

Syukurlah, Banjir Sudah Mulai Surut
Ilustrasi banjir. Foto: JPNN

jpnn.com - jpnn.com -Banjir yang melanda sejumlah desa di Kecamatan Arut Utara (Aruta), Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) sudah mulai surut.

Ketinggian air hanya sekitar 50 centimeter dari sebelumnya yang mencapai lebih dari satu meter.

”Pantauan banjir sudah berangsur turun ketinggian airnya. Paling parah memang hari Sabtu (18/2), air sampai satu meter, khususnya di daerah rendah," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kobar Hermon F Lion, Minggu (19/2).

Dia menambahkan, akses jalan juga sudah mulai bebas dari genangan air.

”Kalau di Kelurahan Pangkut itu tidak parah, berarti di daerah atas seperti Gandia, Sukarami, Riam, dan Panahan tidak terlalu parah juga, karena daerahnya kurang lebih sama saja," tuturnya.

Surutnya banjir di Aruta seiring menurunnya itensitas hujan. Apabila hujan turun lagi, diperkirakan air bakal bertambah tinggi.

 ”Sejauh ini aman. Tidak ada yang perlu dikhawatirkan dari banjir karena sudah turun. Mudah-mudahan saja tidak ada hujan lagi yang mengakibatkan air sungai meluap lebih tinggi," ujarnya.

Untuk mengantisipasi banjir besar, lanjutnya, BPBD menyiagakan lokasi pengungsian.

Banjir yang melanda sejumlah desa di Kecamatan Arut Utara (Aruta), Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) sudah mulai surut.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News