Tahanan Lapas Tewas, Banyak Bekas Luka di Tubuhnya

Tahanan Lapas Tewas, Banyak Bekas Luka di Tubuhnya
Ilustrasi penjara. Foto: JPNN

jpnn.com, MUARA ENIM - Seorang warga binaan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Muara Enim bernama Yuhendri Kusnandi, 39, ditemukan tewas secara tidak wajar.

Kondisinya juga cukup mengenaskan. Saat diperiksa, banyak terdapat bekas luka di kepala, pinggang belakang, dan kaki pada tubuh warga Rambang Daku tersebut.

Hermansyah, 60, kakak sepupu korban, menjelaskan, selama ini, kondisi korban sehat. Saat ditahan di Polsek Muara Enim, keadaan korban juga baik.

Namun setelah dipindahkan ke Lapas Muara Enim, korban mengalami sakit. Bahkan, sempat koma saat menjalani perawatan di RS Muara Enim. 

”Dia ini (korban, red) kerjanya serabutan. Ditahan di Polsek dan dipindah ke Lapas Muara Enim, 7 November lalu. Setelah itu, Kamis (17/11), sekitar pukul 09.30 WIB, sempat koma dan meninggal di rumah sakit,” ungkap Hermansyah saat ditemui di instalasi pemulasaraan RS Bhayangkara, kemarin. 

Menurut Hermansyah, saat korban tewas, ditemukan bekas luka di tubuhnya, seperti bekas penganiayaan. “Kayak ada bekas pukulan benda tumpul. Bekas luka di kaki dan kepala sudah kering. Tinggal di pinggang,” bebernya.

Diakui Hermansyah, korban meninggal setelah ada perselisihan dengan kepala Desa Rambang Dangku. “Waktu di Lapas Muara Enim, kami mau besuk, pada 8 November, tapi tidak diperbolehkan. Karena itu, keluarga ingin ada proses hukum karena ada kejanggalan berupa bekas jahitan di kepala, pinggang lecet, dan kulit mengelupas,” urainya.

Terpisah, Kapolres Muara Enim, AKBP Afner Juwono, melalui Kabag Ops, Kompol Irwan Andeta, mengatakan, kasus tahanan yang meninggal tersebut dalam proses penyelidikan. “Meninggalnya di rumah sakit. Kasusnya saat ini dipegang Polres Muara Enim,” terangnya. (wly/way/ce3)


Seorang warga binaan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Muara Enim bernama Yuhendri Kusnandi, 39, ditemukan tewas secara tidak wajar.


Redaktur & Reporter : Budi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News