Tahun Ini Dikucurkan Rp 60 Triliun ke Desa

Tahun Ini Dikucurkan Rp 60 Triliun ke Desa
Uang. Ilustrasi Foto: M.Ridwan/dok.JPNN.com

jpnn.com - jpnn.com - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (DPDTT) Eko Putro Sandjojo menargetkan penyaluran dana desa 2017 mencapai seratus persen.

Harapannya, agar seluruh desa dapat benar-benar merasakan manfaat alokasi dana yang tahun ini dikucurkan hingga Rp 60 triliun.

"Untuk tahun ini, penyaluran dana desa kami targetkan seratus persen," ujar Eko usai menjadi pembicara di Kampus Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) Jatinangor, Jawa Barat, Rabu (18/1).

Menurut Eko, target tersebut setelah melihat keberhasilan penyaluran dana desa yang dari tahun ke tahun terus meningkat. Termasuk jumlah besaran yang dialokasikan juga ikut meningkat.

Di 2015, pemerintah diketahui mengalokasikan Rp 20,7 triliun dana desa. Dari jumlah tersebut, kata Eko,‎ tersalur hingga 80 persen.

Kemudian di 2016, alokasi dana desa meningkat menjadi Rp 40,7 triliun. Dengan jumlah yang tersalurkan hingga 99,75 persen.

"‎Kenapa ada yang tak tersalurkan, antara lain ada kepala desa yang bermasalah secara hukum, permintaan telat. Jadi permasalahannya rata-rata seperti itu. Ada juga desanya sudah berubah menjadi bendungan atau kelurahan, cuma faktornya itu saja. Nah di 2017 ini kami targetkan seratus persen," pungkas Eko.(gir/jpnn)


Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (DPDTT) Eko Putro Sandjojo menargetkan penyaluran dana desa 2017 mencapai seratus persen.


Redaktur & Reporter : Ken Girsang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News