Tahun ini KKP Bakal Bangun 6 Gudang Garam

Tahun ini KKP Bakal Bangun 6 Gudang Garam
Ilustrasi. Foto IST

jpnn.com - jpnn.com - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) melalui Direktorat Jenderal Pengelolaan Ruang Laut (Ditjen PRL) akan membangun enam gudang untuk menyimpan hasil produksi garam rakyat.

Lokasinya di Rembang, Brebes, Sampang, Demak Tuban dan Kupang.

Direktur Jenderal PRL, Brahmantya Satyamurti mengatakan, berbagai gudang yang telah dan akan dibangun itu menggunakan Standardisasi Nasional Indonesia (SNI).

“Kalau anggaran, nanti yang dialokasikan bisa mencapai Rp 1,8 hingga Rp 2 miliar, itu sudah lengkap. Kapasitasnya 2000 ton," ujar Brahmantya.

Nantinya, kata Brahmantya, enam gudang tersebut akan menggunakan sistem resi gudang.

Selain enam gudang tersebut, telah terbangun 10.385 meter jalan produksi dan tersalurkannya 489 ribu meter persegi geomembran di 14 Kabupaten/Kota.

Guna mendukung swasembada garam, Brahmantya menjelaskan, pemerintah tengah menyiapkan satgas yang dibentuk lintas kementerian untuk mengawasi impor garam.

Adapun data rencana impor garam dalam waktu dekat adalah 226.124 ton maksimum yang akan dilakukan dalam beberapa shipment.

Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) melalui Direktorat Jenderal Pengelolaan Ruang Laut (Ditjen PRL) akan membangun enam gudang untuk menyimpan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News