Tak Cuma Pria atau Wanita, Ada Opsi Gender Ketiga di Paspor Kanada

Tak Cuma Pria atau Wanita, Ada Opsi Gender Ketiga di Paspor Kanada
Paspor Kanada. Foto: Kedubes Kanada

jpnn.com, OTTAWA - Pemerintah Kanada memberi pengakuan kepada gender di luar pria dan wanita. Ini dilakukan dengan membuka opsi gender ketiga pada paspor dan dokumen imigrasi.

Menteri Imigrasi Kanada, Ahmed Hussen mengumumkan bahwa sebutan gender baru 'X' akan mulai berlaku mulai 31 Agustus.

"Dengan memperkenalkan sebutan gender 'X' dalam dokumen yang dikeluarkan oleh pemerintah, kami mengambil langkah penting untuk meningkatkan persamaan bagi semua orang Kanada terlepas dari identitas atau ekspresi gender," kata Hussen dalam sebuah pernyataan seperti dimuat Russia Today.

Otoritas keimigrasian Kanada, IRCC untuk sementara menggunakan gender 'X' di paspor dan dokumen lainnya. Solusi ini akan berlaku sampai IRCC dapat mencetak dokumen dengan sebutan baru.

"X akan mempermudah orang-orang yang tidak mengidentifikasikan diri sebagai wanita (F) atau laki-laki (M) dalam mendapatkan paspor dan dokumen pemerintah lainnya yang sesuai dengan identitas mereka," sambung pernyataan tersebut. (mel/rmol)


Pemerintah Kanada memberi pengakuan kepada gender di luar pria dan wanita. Ini dilakukan dengan membuka opsi gender ketiga pada paspor dan dokumen


Redaktur & Reporter : Adil

Sumber RMOL.co

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News