Tak Muluk-muluk, Penjualan Motor di 2019 Diharapkan Stabil

Tak Muluk-muluk, Penjualan Motor di 2019 Diharapkan Stabil
Ilustrasi sepeda motor baru Suzuki. Foto: ridha/JPNN.com

jpnn.com, BERAU - Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) tidak terlalu berharap banyak pada pasar sepeda motor tahun depan. Tren pasar yang relatif stabil seperti tahun ini saja sudah cukup baik.

Seperti yang dipaparkan Public Relation AISI Ahmad Muhibbuddin, penjualan motor tahun depan akan relatif sama.

"Kami lihat stabil tapi ada kecendrungan naik. Tapi secara bisnis kita kunci stabil seperti tahun ini," kata Muhibbuddin saat ditemui di Berau, Kalimantan Timur, beberapa waktu lalu.

AISI sendiri masih mematok angka moderat sekitar 4,7 jutaan unit pada tahun depan.

Optimisme pasar motor tetap positif di 2019, lanjut Muhibbuddin, tidak lepas dari faktor membaiknya harga-harga komoditi dan kondisi ekonomi yang diperkirakan akan membaik.

Sementara itu, penjualan motor total dari 5 anggota AISI periode Januari sampai November 2018 sudah mencapai sekitar 5,4 juta unit, ini tumbuh 8,8 persen dari periode tahun sebelumnya.

"Kami berharap tahun ini (hingga akhir tahun) penjualan motor domestik bisa mencapai 6,2 juta unit. Angka ini tidak lepas dari pertumbuhan pasar domestik kita juga cukup baik," sambung Muhibbuddin.

Selain pasar domestik, target pasar ekspor juga diharapkan bisa naik. Total ekspor sampai akhir tahun ini diharapkan bisa mencapai 577 unit atau naik sekitar 20 persen dari tahun lalu.

Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) tidak terlalu berharap banyak untuk tahun depan. Tren pasar yang relatif stabil seperti tahun ini sudah cukup.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News