Tak Mungkin Pindah Ibu Kota dalam Dua Tahun ke Depan

Tak Mungkin Pindah Ibu Kota dalam Dua Tahun ke Depan
Kota Palangka Raya di Kalimantan Tengah yang disebut-sebut sebagai lokasi bakal ibu kota pemerintahan yang baru bagi Republik Indonesia. Foto: Dispekraf Palangka Raya

jpnn.com, JAKARTA - Pengamat politik dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Syamsuddin Haris menilai, pemindahan ibu kota negara harus dilakukan dengan perhitungan yang sangat matang.

Mulai dari memperhitungkan estimasi anggaran, lokasi hingga waktu yang dibutuhkan.

"Jadi mesti ada kalkulasi semuanya, ‎dihitung dengan betul. Makanya saya sepakat dengan wacana itu, tapi mungkin tidak saat ini. Maksud saya jangan tergesa-gesa," ujar Syamsuddin di Jakarta, Rabu (12/7).

Syamsuddin mencontohkan terkait estimasi waktu pemindahan, penting dikaji secara rinci agar jangan sampai membebani Angggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) dalam jangka pendek.

‎"Estimasinya mungkin sepuluh tahun, agar tidak membebani APBN dalam jangka pendek. Kan enggak mungkin pemindahan hanya dalam satu dua tahun ke depan, itu mustahil‎," ucapnya.

‎Saat ditanya di mana lokasi terbaik untuk ibu kota negara yang baru, Syamsuddin menilai tidak masalah apakah nantinya pemerintah memilih sejumlah daerah di Kalimantan maupun Sulawesi.

"‎Sebaiknya di luar Jawa. Mau di Kalimantan atau Sulawesi. Tapi jangan Sumatera sebab letaknya di Indonesia bagian barat," pungkas Syamsuddin.(gir/jpnn)


Pengamat politik dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Syamsuddin Haris menilai, pemindahan ibu kota negara harus dilakukan dengan perhitungan


Redaktur & Reporter : Ken Girsang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News