Tammie Jo Shults: Pilot Tangguh Penyelamat Ratusan Nyawa

Tammie Jo Shults: Pilot Tangguh Penyelamat Ratusan Nyawa
Tammie Joe Shults saat masih jadi pilot pesawat tempur Angkatan Udara AS

jpnn.com, PHILADELPHIA - Beruntung, Tammie Jo Shults adalah pilot jet tempur andal sebelum bergabung dengan maskapai Southwest Airlines. Selasa (17/4) perempuan penerbang itu sukses mendaratkan darurat pesawat Boeing 737 yang mesinnya meledak di dalam penerbangan.

Jika bukan Shults yang pegang kendali, mungkin korbannya lebih banyak. ”Pilot perempuan itu luar biasa tangguh,” kata Alfred Tumlinson, salah seorang penumpang pesawat nahas tersebut, seperti dikutip Associated Press.

Kendati pesawat kehilangan kendali dan merosot terlalu cepat ke bawah, Shults tetap tenang. Dia bahkan bisa tetap membawa pesawat rute New York–Dallas yang mengangkut 144 penumpang itu mendarat di Philadelphia. Pendaratan darurat yang sukses besar.

Saat salah satu mesin pada bagian sayap meledak, pesawat langsung oleng. Sebab, salah satu kaca jendela langsung bolong akibat ledakan. Tekanan udara di dalam kabin pun langsung turun.

Seluruh masker oksigen berjatuhan dari atas kursi penumpang. Seluruh penumpang panik. Awak pesawat juga repot. Ketegangan menguasai kokpit. Tapi, Shults tetap fokus.

Jennifer Riordan, penumpang yang duduk di dekat jendela, sempat hampir tersedot keluar dari pesawat. Dia kemudian ditolong para penumpang lain. Namun, nyawanya tak tertolong. (hep/c10/dos)


Tammie Jo Shults menyelamatkan nyawa ratusan penumpang maskapai Southwest Airlines setelah dengan sukses mendaratkan Boeing 737 yang dipilotinya


Redaktur & Reporter : Adil

Sumber Jawa Pos

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News