Tangkal Kolesterol dengan Konsumsi 6 Buah ini

Tangkal Kolesterol dengan Konsumsi 6 Buah ini
Berbagai macam jenis buah yang dijual di swalayan. Foto Yessy Artada/jpnn.com

jpnn.com - Kolesterol di dalam darah bisa meningkat akibat konsumsi makanan tertentu.

Sebaliknya, makanan-makanan tertentu juga dapat berperan dalam menurunkan kadar kolesterol. Salah satunya adalah buah-buahan.

Buah umumnya kaya serat, yang dapat mengikat kolesterol di dalam saluran cerna dan mengeluarkannya dari tubuh sebelum terserap masuk ke aliran darah. Sebagian lagi mengandung antioksidan yang dapat menghambat pembentukan kolesterol jahat.

Berikut ini enam buah terbaik untuk membantu Anda menurunkan kolesterol:

1. Jeruk bali.

Sebuah studi menemukan fakta bahwa terdapat penurunan tekanan darah, kolesterol total, dan kolesterol jahat (LDL) yang signifikan pada orang-orang yang mengonsumsi jeruk bali 3 kali sehari selama 6 minggu. Ini dikarenakan jeruk bali kaya akan serat larut pektin, yang diketahui dapat menghambat penyerapan kolesterol.

Jeruk bali juga mengandung flavonoid naringenin yang dapat menurunkan kadar trigliserida dan mencegah penumpukan plak kolesterol di dalam darah. Kendati demikian, Anda harus berhati-hati saat mengonsumsinya karena jeruk bali dapat memperkuat efek beberapa obat, seperti obat penurun tekanan darah dan penurun kolesterol golongan statin.

Kandungan dalam jeruk bali dapat menghambat kerja enzim pada dinding usus sehingga obat lebih mudah diserap ke dalam tubuh. Ini membuat kadar obat meningkat di dalam darah.

Jadi, jika kadar kolesterol sedang tinggi, pinggirkan dulu obat-obatan dan beralihlah pada cara alami dengan mengonsumsi enam buah berikut.

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News