Tanpa Pemulihan Sistemik, Golkar Sulit Perbaiki Kredibilitas

Tanpa Pemulihan Sistemik, Golkar Sulit Perbaiki Kredibilitas
Bendera Partai Golkar. Foto: dokumen JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Keputusan praperadilan yang memenangkan Ketua Umum Golkar Setya Novanto atas KPK bukanlah substansi dari jawaban atas semua persoalan yang mendera partai berlambang pohon beringin itu.

Hal itu diutarakan Direktur Program Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) Sirojudin Abbas dalam sebuah diskusi di Menteng, Jakarta, Sabtu (30/9).

Menurut Sirojudin, keputusan itu memang sedikit menjawab pertanyaan besar di lingkungan Golkar saja. "Tapi, tidak menjawab aspek substansi masalah yang menghantui Golkar," kata Sirojudin.

Menurut dia, jika branding Partai Golkar saat ini tidak sejalan dengan ekspektasi publik dan memberikan tanda-tanda ada perbaikan jangka pendek, maka keinginan beringin reborn akan sulit di 2018.

Dia menambahkan, kasus hukum yang menjerat Novanto maupun sejumlah kader beringin di daerah, memang telah memberikan dampak negatif. Masyarakat menjadi tidak percaya sehingga menyebabkan elektabilitas salah satu partai tertua di Indonesia itu menurun.

Menurut dia, ketika image buruk kena pimpinan pusat sampai daerah, maka muncullah masalah defisit kredibilitas yang lebih menyeluruh dan berefek langsung kepada PG. "Jadi, bukan hanya pada tokoh-tokohnya, tapi juga partai secara menyeluruh," ujarnya.

Dia mengatakan, masuknya Golkar ke dalam lingkaran pendukung pemerintah memang sempat mendongkrak elektabilitas partai.

Dukungan yang diberikan Partai Golkar terhadap pemerintahan Presiden Joko Widodo dan mengusung sang petahana maju lahi di pilpres 2019, memang memperbaiki image partai secara keseluruhan. Namun, kata dia, kepercayaan publik kembali merosot karena kasus hukum Novanto.

Kemenangan praperadilan Setya Novanto atas KPK bukan jawaban permasalahan Golkar.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News