Target 3 Juta UMKM Tersertifikasi Halal

Target 3 Juta UMKM Tersertifikasi Halal
Ilustrasi. Foto: AFP

jpnn.com - jpnn.com - Keputusan Menteri BUMN Rini Soemarno mendorong Jawa Timur menjadi pionir eksportir produk makanan bersertifikasi halal mendapat dukungan luas.

Salah satunya datang dari Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Jatim.

Pasalnya, hal itu sejalan dengan keinginan Kadin Jatim yang menargetkan 50 persen dari total enam juta UMKM di Jatim sudah tersertifikasi halal pada tahun ini.

"Saat ini, dari enam juta UMKM yang ada baru sekitar 15 persen yang produknya telah memiliki sertifikasi halal. Dukungan dari Menteri BUMN ini jelas menjadi stimulus agar target tiga juta UMKM tersertifikasi halal tahun ini bisa terealisasi," papar Wakil Ketua Umum Pengembangan Jaringan Usaha Antar Provinsi Kadin Jatim Diar Kusuma Putra, Kamis (12/1).

Diar menambahkan, pihaknya siap menjalin kerja sama dengan pihak Majelis Ulama Indonesia (MUI) maupun Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) untuk mempermudah kepengurusan sertifikasi produk.

"Dengan cara itu, Jatim bisa menjadi pionir ekspor produk makanan halal. Namun, hal itu harus dibarengi dengan perbaikan packaging atau kemasan agar layak edar di pasar internasional," tegas Diar.

Sementara itu, Menteri BUMN Rini Soemarno mengaku siap menjembatani  para pelaku UMKM di Jatim untuk terus berkembang.

Bantuan itu bisa melalui pembinaan usaha lewat semua BUMN yang yang ada.

Keputusan Menteri BUMN Rini Soemarno mendorong Jawa Timur menjadi pionir eksportir produk makanan bersertifikasi halal mendapat dukungan luas.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News