Tari Saman, Mengalami Dilema Meski Sudah Mendunia

Tari Saman, Mengalami Dilema Meski Sudah Mendunia
Saman Summit 2012 dibuka oleh Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Wiendhu Nuryati. Foto: Ade Sinuhaji/JPNN
JAKARTA – Hentakan tangan, jentikan jari diiringi lantunan lagu dalam bahasa Aceh menggema di Plaza Museum Fatahillah, Jakarta Pusat, Jumat (14/12) malam, saat pembukaan Saman Summit 2012 oleh Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Wiendhu Nuryati.

Saman Summit ini sengaja digelar sebagai penghargaan terhadap Tari Saman dari Gayo Lues, Provinsi Aceh, yang sejak tahun 2011 lalu telah diakui oleh UNESCO sebagai warisan dunia tak benda. Karena itu pemerintah merasa perlu melestarikannya.

Di daerah asalnya, Provinsi Aceh, tari yang Saman Gayo yang diciptakan oleh seorang ulama bernama Syeh Saman, hingga kini masih hidup dalam berbagai sendi kehidupan masyarakat. Dulunya, Tari Saman menjadi salah satu media syiar Islam di tengah masyarakat Aceh. Seiring perkembangannya, Saman sudah menjadi budaya sehari-hari.

Namun kini, Saman tidak hanya dipelajari di Aceh, tapi juga luar aceh. Saman sudah menjadi iven budaya internasional. Tari saman tanpa menggunakan alat musik, bunyi-bunyian dalam tarian ini dihasilkan dari tepukan tangan, jentikan jari hingga tepukan dada. Yang menjadi cirri khas dari Tari Saman ialah dibawakan serentak oleh penarinya.

JAKARTA – Hentakan tangan, jentikan jari diiringi lantunan lagu dalam bahasa Aceh menggema di Plaza Museum Fatahillah, Jakarta Pusat, Jumat

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News