Temui Bupati Sumbawa, Kemenko PMK Minta Percepatan Rehab

Temui Bupati Sumbawa, Kemenko PMK Minta Percepatan Rehab
Kemenko PMK bertemu dengan Pemkab Sumbawa. Foto: Humas Kemenko PMK

jpnn.com, SUMBAWA - Setelah mengunjungi Lombok, Plt. Deputi Bidang Koordinasi Dampak Bencana dan Kerawanan Sosial Kemenko PMK, Sonny Harry Harmadi bertolak ke Sumbawa dan bertemu langsung dengan Bupati Sumbawa Husni Djibril.

Pertemuan itu untuk mendengarkan laporan terkini soal progres pembangunan hunian tetap pasca-bencana NTB.

Dilaporkan oleh Husni, seluruh data hingga saat ini telah masuk dan selesai diverifikasi. Sebanyak 7.346 data bahkan sudah di-SK-kan.

Jumlah fasilitator di Sumbawa juga sudah ditambah untuk percepatan rehabilitasi dan rekonstruksi. Hal ini disampaikan Husni sebagai bentuk dukungan percepatan rehab rekon di Sumbawa.

Dalam rapat, kembali Sonny menyampaikan skema pencairan dana bantuan stimulan perbaikan rumah.

Prosedur penyaluran dana untuk warga tersebut dimulai dari pendataan rumah yang rusak. Setelah data terkumpul, dilakukan verifikasi yang disahkan dalam bentuk SK bupati.

Setelah di SK-kan, penerima bantuan segera membentuk pokmas. Setelah pokmas terbentuk, fasilitator membantu pokmas membuat desain rumah dan RAB.

Terkait aplikator, Sonny meminta Bupati Husni untuk mendorong aplikator lokal ikut memproduksi panel, sehingga dapat memenuhi kebutuhan pembangunan rumah yang jumlahnya cukup besar.

Kemenko PMK bertemu kepala daerah di NTB dan meminta percepatan rehabilitasi dan rekonstruksi pasca-bencana

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News