Tenang, Gempa di Sulteng Tak Berpotensi Tsunami

Tenang, Gempa di Sulteng Tak Berpotensi Tsunami
Akibat gempa di Sulteng. Foto: Humas BNPB

jpnn.com, SIGI - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melaporkan gempa bumi berkekuatan 6,6 SR di Sulawesi Tengah berpusat di 38 kilometer Barat Laut Poso, 58 kilometer Timur Laut Sigi atau 75 kilometer di Tenggara Palu pada Senin (29/5) pukul 21.35 WIB.

"Pusat gempa di darat pada kedalaman 10 kilometer. Gempa tidak berpotensi tsunami," ujar Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho, Senin malam.

Dia menyebutkan, Posko BNPB telah mengonfirmasi BPBD. Berdasarkan laporan sementara gempa dirasakan kuat selama 20 detik.

Warga panik dan berhamburan keluar rumah di Kabupaten Poso. Sementara itu masyarakat di Sigi, Palu dan Morowali Utara merasakan gempa sedang selama 5 detik. Sebagian masyarakat keluar rumah.

Masyarakat masih berada di luar rumah karena terjadi gempa susulan dengan kekuatan 5 SR berpusat di 51 kilometer Timur Laut Sigi, Sulteng pada kedalaman 10 kilometer pada Senin (29/5/2017) pukul 21.53 WIB.

"Ditinjau dari kedalaman hiposenternya, gempa bumi ini merupakan gempa bumi dangkal akibat aktivitas Sesar Lokal," jelas Sutopo.

Berdasarkan analisis peta gempa dirasakan keras dengan intensitas V-VI MMI di Kabupaten Poso meliputi wilayah di Poso, Poso Pesisir Utara, Poso Pesisir, Sausu, Torue dan Lore Timur.

Beberapa daerah yang merasakan gempa adalah:

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melaporkan gempa bumi berkekuatan 6,6 SR di Sulawesi Tengah berpusat di 38 kilometer Barat Laut Poso,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News