Tenang..Pemerintah Siapkan 400 Ribu Lowongan Kerja

Tenang..Pemerintah Siapkan 400 Ribu Lowongan Kerja
Pabrik. Foto: dok.JPG

jpnn.com - jpnn.com - Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto mengatakan pemerintah sedang menyiapkan lowongan untuk 400 ribu tenaga kerja baru di berbagai industri pabrik pada 2017.

Menurutnya, sejumlah izin prinsip kawasan industri sudah diajukan untuk lokasi pendirian pabrik baru di beberapa wilayah di Indonesia.

"Lowongan itu disiapkan untuk tahun ini hingga tiga tahun ke depan," ujar saat menghadiri peringatan hari ulang tahun Serikat Pekerja Seluruh Indonesia ke 44, di lapangan parkir Stadion Gelora Delta Sidoarjo, kemarin.

Lowongan kerja baru tersebut di antaranya dengan didirikannya pabrik alas sepatu di Kabupaten Ngawi Jawa Timur dan Petrokimia Refinery Crackers di Jawa Barat.

Menurutnya, pembangunan sejumlah pabrik itu bisa menyerap lebih dari 10 ribu tenaga kerja.

Selain itu, masih banyak kawasan industri baru di seluruh Indonesia, yang sedang dipersiapkan hingga tiga tahun ke depan.

Terkait banyaknya lowongan tenaga kerja baru ini, pemerintah juga sudah mempersiapkan pelatihan dan vokasi, yang akan di-launching di Provinsi Jawa Timur dalam waktu dekat.

"Pelatihan dan vokasi tenaga kerja ini akan merangkul 50 industri, dan 250 sekolah menengah kejuruan," imbuhnya.

Pelatihan dan advokasi tenaga kerja ini akan dilakukan bertahap di seluruh Indonesia.(end/jpnn)
 

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto mengatakan pemerintah sedang menyiapkan lowongan untuk 400 ribu tenaga kerja baru di berbagai industri pabrik


Redaktur & Reporter : Natalia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News