Terbukti, Pokdarwis Menurunkan Angka Kemiskinan Gunungkidul

Terbukti, Pokdarwis Menurunkan Angka Kemiskinan Gunungkidul
Pantai Siung, Gunung Kidul. Foto: int

jpnn.com, GUNUNGKIDUL - Keterlibatan masyarakat dalam pengelolaan objek wisata terbukti menurunkan angka kemiskinan di Gunungkidul. Melalui peran aktif masyarakat lewat kelompok sadar wisata (pokdarwis) perekonomian warga pun terdongkrak.

Data dari Badan Pusat Statistik (BPS) menunjukkan penurunan angka kemiskinan tidak lepas dari peran pokdarwis. Di pokdarwis ada usaha-usaha yang dilakukan dalam rangka kepariwisataan, yang itu semua memiliki dampak ekonomi secara langsung terhadap anggotanya.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Gunungkidul Sumarwiyanto menegaskan penurunan angka kemiskinan di Gunungkidul itu disebabkan pesatnya perkembangan pariwisata selama beberapa tahun terakhir.

"Semakin banyaknya objek wisata yang dikelola langsung oleh masyarakat, menimbulkan multiefek yang baik bagi perekonomian. Pasalnya masyarakat menerima pendapatan langsung dari sektor pariwisata," tegas Sumarwiyanto.

Sekretaris Dinas Pariwisata Gunungkidul Harry Sukmono mengatakan pengelolaan pariwisata dengan melibatkan masyarakat secara langsung memang didorong untuk dapat menurunkan angka kemiskinan.

Saat ini terdapat sekitar 30 pokdarwis yang aktif mengelola wisata dan memperoleh pendapatan langsung dari sektor pariwisata.

“Dispar mendorong masyarakat ikut dalam aktivitas usaha kepariwisataan, termasuk salah satunya adalah melalui pokdarwis,” ujarnya.

Hal itu sesuai dengan rencana pembangunan pariwisata dan juga sesuai dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah.

Keterlibatan masyarakat dalam pengelolaan objek wisata terbukti menurunkan angka kemiskinan di Gunungkidul. Melalui peran aktif masyarakat lewat

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News