Terkait KLB, Gusti Randa: FIFA Anggap PSSI sebagai Anak Nakal

Terkait KLB, Gusti Randa: FIFA Anggap PSSI sebagai Anak Nakal
Gusti Randa saat ditemui di Stadion Madya beberapa waktu lalu. Foto: Amjad/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI tampaknya bisa langsung jalan secepatnya, tanpa harus lapor terlebih dulu kepada FIFA. Hal tersebut memang diakui oleh Anggota Exco PSSI Gusti Randa.

Pria yang juga saat ini mengemban amanah menjalankan tugas harian ketua umum PSSI itu menuturkan tidak ada kewajiban mutlak PSSI untuk lapor FIFA dulu dalam melakukan KLB. Bisa langsung saja tanpa perlu diketahui oleh FIFA.

Lantas kenapa permintaan rekomendasi ke FIFA jadi alasan PSSI untuk memperlama KLB selama ini? Gusti menuturkan PSSI dianggap FIFA adalah anak yang nakal. Anak yang selama ini paling sering menggelar KLB dibandingkan member FIFA lainnya.

’’Kami nakal lagi sekarang, FIFA bahkan pernah mengeluarkan statement capek dengan urusan KLB di PSSI. benar ini ranah kami sendiri tidak perlu lapor FIFA,’’ ujarnya.

Karena dicap anak nakal, PSSI punya hak untuk meminta rekomendasi. Meminta apa yang sebaiknya dilakukan agar ke depannya tidak ada KLB lagi di PSSI. Tidak ada perseteruan lagi yang menyebabkan pengurus bisa berganti dengan mudah.

’’Sudah ada surat yang kami kirim ke FIFA untuk menanyakan. Kami saat ini menunggu direct letter-nya, sudah dua minggu lalu dikirim,’’ terangnya.

Rekomendasi itu dijelaskan Gusti bukan sekedar meminta saran bagaimana KLB yang baik seharusnya. Melainkan juga terkait Ketua Umum, Wakil Ketua Umum, dan Anggota Exco yang terpilih itu bagaimana nantinya. Sebab, masa jabatan untuk kepengurusan yang baru jika melihat statuta hanya satu tahun saja. artinya, tahun depan, akan berganti kepengurusan lagi.

’’Apakah KLB ini mencari Ketua Umum dan exco yang kosong? Durasi sampai kapan? Apakah sampai kepemimpinan Edy Rahmayadi atau semua diganti dengan durasinya empat tahun ke depan. Jangan tebak-tebakan masalah ini, karena itu kami meminta rekomendasi,’’ tegasnya.

Tidak ada kewajiban mutlak PSSI untuk lapor FIFA dulu dalam melakukan KLB alias Kongres Luar Biasa.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News