Terminal Purabaya Kini Dilengkapi Layar Info Cuaca

Terminal Purabaya Kini Dilengkapi Layar Info Cuaca
Fasilitas info cuaca ci terminal Purabaya. FOTO : Jawa Pos

jpnn.com, SURABAYA - Bukan hanya transportasi laut dan udara saja yang memerlukan informasi cuaca, perjalanan jalur darat pun lebih aman dilakukan saat cuaca memungkinkan. Karena itu, Terminal Purabaya menambah fasilitas baru berupa layar informasi cuaca dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).

Informasi yang tersaji cukup lengkap. Mulai informasi prakiraan cuaca harian, tinggi gelombang laut, unsur suhu, kelembapan, dan keadaan cuaca. Selain itu, layar tersebut akan menampilkan gempa bumi yang dirasakan di seluruh kawasan Indonesia. ''Sekaligus ada tidaknya potensi tsunami," ujar Kasi Data dan Informasi BMKG Juanda Teguh Tri Susanto.

Cakupan daerah yang ditampilkan juga luas. Mulai info lokal di Surabaya hingga beberapa kota lain di Jatim. Dengan begitu, calon penumpang di Terminal Purabaya bisa melihat kondisi daerah tujuan sebelum perjalanan. "Ada warning daerah yang berpotensi cuaca ekstrem juga," imbuhnya.

Data yang ditampilkan bersifat real time. Sebab, layar itu terhubung dengan informasi di BMKG. Jadi, pemberitahuan terkait cuaca dan lainnya bisa ditampilkan dengan cepat.

Kepala Unit Terminal Purabaya Imam Hidayat cukup terbantu dengan fasilitas tersebut. Dengan informasi itu, calon penumpang akan berpikir ulang apakah melanjutkan perjalanan atau menunda. "Kondisi cuaca di jalan juga memengaruhi keselamatan bus. Hujan deras dan jalan licin bisa membuat ban selip," tutur Imam. (din/c18/ady)


Data yang ditampilkan bersifat real time. Sebab, layar itu terhubung dengan informasi di BMKG


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News