Ternyata Ada Kampung Janda, Beginilah Kondisinya

Ternyata Ada Kampung Janda, Beginilah Kondisinya
Suasana di Kampung Janda di Desa Wlahar, Kecamatan Larangan, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah. Foto: radartegal.com

jpnn.com, BREBES - Di Kabupaten Brebes, Jawa Tengah ada sebuah kampung bernama unik. Namanya Kampung Janda yang terletak di Desa Wlahar, Kecamatan Larangan.

Bahkan, Pemerintah Kabupaten Brebes menjadikan Kampung Janda sebagai sebagai pilot project pemberdayaan perempuan sebagai kepala rumah tangga. Sedangkan Desa Wlahar menjadi pusat organisasi Pemberdayaan Perempuan Kepala Keluarga (Pekka) di Kabupaten Brebes.

Pengawas Serikat Pekka Brebes Kartini mengungkapkan, terdapat perubahan signifikan di antara sebagian besar janda yang ada Desa Wlahar. Padahal, dahulu mereka hanya bungkam dengan cap buruk dari masyarakat.

Janda yang kerap diidentikan dengan perempuan yang gagal berumah tangga mendapat cap negatif membuat terpuruk. Kondisi tersebut lumrah terjadi di banyak tempat.

”Kami terus motivasi mereka, bahwa hidup beluk berakhir. Masih banyak yang bisa kita perbuat,” katanya seperti diberitakan radartegal.com.

Lambat laun, kesadaran para janda mulai tumbuh. Mereka sudah berani keluar dari stigma yang mengungkung. Mereka diberdayakan secara kelompok.

Bahkan, Pekka sebagai wadah penyampaian aspirasi memiliki 11 binaan kelompok perempuan yang diikuti ratusan janda berbagai usia di desa tersebut. Mulanya, para janda juga diberi pemahaman mengenai hak-hak perempuan dalam peranan masyarakat.

”Program kami untuk mengangkat kaum perempuan marjinal berjalan. Mereka diberikan pemahaman soal politik, hukum, ekonomi dan sebagainya,” imbuh Kartini.

Di Kabupaten Brebes, Jawa Tengah ada sebuah kampung bernama unik. Namanya Kampung Janda yang terletak di Desa Wlahar, Kecamatan Larangan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News