Ternyata, Uang First Travel Rp 917 Miliar Sudah Habis

Ternyata, Uang First Travel Rp 917 Miliar Sudah Habis
Andika Surachman dan Anniesa Hasibuan. FOTO DOK. DHIMAS GINANJAR/JAWA POS

jpnn.com, JAKARTA - Uang jemaah umrah First Travel (FT) yang hampir Rp 1 triliun ternyata sudah habis.

Dari hasil pengejaran aset FT yang dilakukan Direktorat Tindak Pidana Umum (Dittipidum) Bareskrim, diketahui uang jamaah sekitar Rp 917 miliar habis untuk menutupi kekurangan biaya umrah tahap awal. Selain itu juga untuk keperluan pribadi Andika Surachman dan Anniesa Hasibuan.

Direktur Dittipidum Bareskrim Brigjen Herry Rudolf Nahak menuturkan, pencarian aset FT memang telah dihentikan. Sebab aliran semua uang jamaah telah diketahui ke mana saja.

Setelah penelusuran selama beberapa bulan, diketahui bahwa uang jamaah FT telah habis.

”Kebanyakan untuk menambal kekurangan biaya pemberangkatan umrah jemaah yang lebih dulu berangkat,” terangnya ditemui dalam peluncuran buku Kapolri Jenderal Tito Karnavian berjudul Democratic Policing di gedung LIPI kemarin.

Biaya pemberangkatan jemaah umroh itu normalnya sekitar Rp 22 juta. Namun, tarif umroh FT yang hanya Rp 14,3 juta membuat Andika dan Anniesa menutup kekurangan biaya itu rata-rata Rp 8 juta per jemaah.

”Lebih dari setengah uang yang ditarik dari tiap jemaah untuk membiayai jamaah yang berangkat lebih dulu,” paparnya.

Untuk pemberangkatan jemaah reguler, rata-rata Rp 8 juta. Namun untuk Syahrini dan keluarganya dengan kelas VVIP, tiap orang bisa menghabiskan Rp 40 juta.

Uang jemaah First Travel sekitar Rp 917 miliar habis untuk menutupi kekurangan biaya umrah tahap awal. Juga untuk keperluan pribadi Andika dan Anniesa.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News