Teror di Sinagoge, Pelaku Serukan Semua Yahudi Harus Mati

Teror di Sinagoge, Pelaku Serukan Semua Yahudi Harus Mati
Robert Bowers, pelaku pembantaian di sinagog Tree of Life, Pittsburgh, Amerika Serikat. Foto: CNN

jpnn.com, PITTSBURGH - Semua orang Yahudi harus mati. Kalimat itu dilontarkan Robert Bowers pada Sabtu (27/10) sembari memuntahkan peluru dari moncong senjata serbu miliknya.

Korbannya adalah jemaat sinagog Tree of Life di Squirrel Hill, Pittsburgh, Pennsylvania, AS, di lantai 1. Pria 46 tahun yang sudah lama membenci warga Yahudi itu akhirnya berhasil merenggut sebelas nyawa.

Kemarin (28/10) polisi merilis nama para korban. Mereka berusia 54-97 tahun. Antara lain, suami istri Bernice dan Sylvan Simon serta kakak beradik Cecil Rosenthal dan David Rosenthal.

Tindakan Bowers disebut sebagai serangan paling mematikan pada komunitas Yahudi di AS. Dia diyakini bertindak sendirian.

''Tidak ada indikasi bahwa tersangka bekerja sama dengan orang lain,'' ujar Jaksa Pittsburgh Scott Brady seperti diberitakan Reuters.

Insiden antisemit (permusuhan terhadap Yahudi) di AS memang tengah bertumbuh. Berdasar penelitian Anti-Defamation League, tahun lalu terjadi peningkatan hingga 57 persen.

Legislator AS yang merupakan penganut Yahudi, Adam Schiff, menegaskan bahwa negara harus memerangi kebencian dan perpecahan. (sha/c20/sof)


Semua orang Yahudi harus mati. Kalimat itu dilontarkan Robert Bowers sembari memuntahkan peluru dari senjata serbunya ke arah jemaat sinagoge Tree of Life


Redaktur & Reporter : Adil

Sumber Jawa Pos

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News