TERSERAH! Sudah jadi Komisaris, Relawan Jokowi Diangkat jadi Dirjen

TERSERAH! Sudah jadi Komisaris, Relawan Jokowi Diangkat jadi Dirjen
Anies Baswedan. Foto: dok.JPNN

jpnn.com - JAKARTA – Bertambah lagi jumlah relawan Presiden Joko Widodo yang menduduki kursi empuk.  Kali ini giliran Hilmar Farid diangkat menjadi Dirjen Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menggantikan Kacung Marijan.

Pelantikan pria kelahiran Bonn, Jerman, 8 Maret 1968 itu dipimpin langsung Mendikbud Anies Baswedan di Gedung A Kemendikbud kemarin.

Anies tidak menampik bahwa Hilmar sebelumnya dikenal sebagai tim relawan Jokowi. ’’Semua orang yang mendaftar seleksi terbuka memiliki latar belakang. Kebetulan Pak Hilmar latar belakangnya pernah membantu Pak Jokowi,’’ kata Anies setelah pelantikan.

Mantan rektor Universitas Paramadina Jakarta itu mengatakan, seluruh pejabat yang dia lantik kemarin adalah hasil seleksi terbuka oleh tim independen. Tim ini dipimpin oleh mantan pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Eri Riana Hardjapamengkas.

’’Dalam penunjukkan ini tidak ada unsur perkoncoan,’’ kata Anies. Selain itu, para pejabat itu juga tidak satupun yang sebelumnya bekerjasama dengan Kemendikbud.

Terkait dengan jabatan Hilmar yang juga menjadi komisaris PT Krakatau Steel, Anies tidak mempersoalkannya. Sebab, yang dilarang rangkap jabatan hanya menteri. Untuk pejabat eselon I seperti dirjen, masih dibolehkan untuk menjadi komisaris di BUMN. Anies juga mengatakan pengangkatan Hilmar ini bersejarah, karena baru kali ini posisi eselon I diisi pejabat non-PNS.

Setelah meladeni ucapan selamat dari sejawatnya, Hilmar memberikan keterangan. ’’Dalam arahannya tadi sikap Pak Mendikbud sudah jelas, tidak ada materi penilaian yang berdasarkan saya pernah jadi ini dan jadi itu (tim relawan Jokowi, red),’’ kata Hilmar.

Menurutnya, tim independen yang menjalankan seleksi jabatan secara terbuka telah bekerja dengan optimal.

JAKARTA – Bertambah lagi jumlah relawan Presiden Joko Widodo yang menduduki kursi empuk.  Kali ini giliran Hilmar Farid diangkat menjadi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News