Terungkap, Kelompok Solihin Rencanakan Aksi Teror saat People Power

Terungkap, Kelompok Solihin Rencanakan Aksi Teror saat People Power
Personel Brimob dari sejumlah daerah masuk Jakarta. Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Kelompok teroris pimpinan Solihin alias Abu Faisal pasang target melakukan aksi teror saat terjadi unjuk rasa people power yang belakangan ini bergaung.

Berdasarkan pengakuan sejumlah anggota kelompok Solihin, diketahui bahwa Solihin alias Abu Faisal memerintahkan aksi teror itu targetnya ada dua, polisi dan peserta.

Karopenmas Divhumas Polri Brigjen Dedi Prasetyo mengatakan, dalam penangkapan berantai sejak Kamis (2/5) hingga Sabtu (4/5) ditangkap delapan orang terduga teroris. Dua orang ditangkap di Bitung, Sulawesi Utara berinisial RH dan M.

”Keduanya berencana bergabung dengan Majelis Mujahidin Indonesia Timur (MIT) pimpinan Ali Kalora di Poso,” terangnya.

RH dan M ditangkap saat masih dalam perjalanan menuju Poso. Dia mengatakan, saat keduanya diperiksa diketahuilah bahwa mereka disuruh oleh seseorang bernama Solihin. Upaya penangkapan dilanjutkan dengan menangkap enam terduga teroris lain, yakni Solihin alias Abu Faisal, AN, MC, MI, Samuel alias IF dan T. ”Ini sekaligus mengklarifikasi informasi sebelumnya, yang hanya empat orang,’ tuturnya.

BACA JUGA: Komunitas Sarjana Hukum Muslim Sebut Langkah Pemerintah Berlebihan

Menurutnya, dari enam terduga teroris itu yang paling menonjol ada tiga, yakni Solihin yang menjadi pemimpin, Samuel perakit bom dan T, yang meninggal dunia karena mencoba melemparkan bom.

Untuk Solihin ini sebenarnya sejak 2014 telah dimonitor oleh Densus 88 Anti Teror. ”Rekam jejaknya cukup panjang dalam dunia kelompok teroris,” jelasnya.

Solihin alias Abu Faisal memerintahkan aksi teror bersamaan people power, targetnya ada dua, polisi dan peserta.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News