Tidak Mungkin Soetrisno Bachir Dukung Jokowi

Tidak Mungkin Soetrisno Bachir Dukung Jokowi
Soetrisno Bachir. Foto: dokumen JPNN.Com

jpnn.com, JAKARTA - Sekretaris Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) di DPR Yandri Susanto tidak yakin mantan Ketua Umum PAN Soetrisno Bachir mendukung Joko Widodo di Pilpres 2019.

Yandri mengungkap, Soetrisno sangat kecewa sama Jokowi. Menurut dia, Soetrisno pernah meluapkan kekecewaannya dan mengajak PAN tidak mendukung Jokowi lagi.

“Mas Tris tidak akan dukung Pak Jokowi, karena Mas Tris sendiri yang langsung menyampaikan bahwa dia sangat kecewa dengan Pak Jokowi. Dan itu saya dengar langsung,” kata Yandri di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Kamis (13/9).

Dia menuturkan hal itu berawal karena Soetrisno mendukung Anies Baswedan di Pilkada DKI Jakarta. Selain itu, ujar dia, Soetrisno juga mengeluh karena gara-gara membantu konsumsi demonstrasi 212, jadi dimusuhi sama istana.

Sejak saat itu, kata Yandri, Soetrisno mengaku sebagai ketua Komite Ekonomi dan Industri Nasional (KEIN) tidak pernah diundang dalam rapat kabinet. Bahkan, kata dia, Soetrisno meminta waktu untuk bertemu Jokowi juga tidak pernah dipenuhi.

“Rapat KEIN tidak pernah diajak, rapat kabinet tidak pernah diajak, telepon sudah tidak, mau ketemu susah, urusan bisnis juga tidak ada yang dilancarkan,” ujar Yandri menirukan ucapan Soetrisno.

Dia juga menegaskan, Soetrisno-lah yang pertama kali menyarankan kepada PAN supaya tidak mendukung Jokowi. Saran itu muncul saat beberapa elite partai berlambang matahari putih itu masih berkomunikasi dengan kubu sang petahana terkait Pilpres 2019.

“Tapi Mas Tris mengatakan jangan kita (PAN) bergabung dengan Pak Jokowi. Itu dari Mas Tris sendiri,” jelas anggota Komisi II DPR ini.

Soetrisno Bachir sudah tidak pernah lagi diundang rapat sama Jokowi, mau ketemu susah, urusan bisnis juga tidak ada yang lancar.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News