Tiga Atlet Panjat Tebing Indonsia Ikut Turnamen di China

Tiga Atlet Panjat Tebing Indonsia Ikut Turnamen di China
Tiga atlet panjat tebing Indonesia berangkat ke China untuk mengikuti turnamen internasional di China. Foto: Istimewa

jpnn.com, JAKARTA - Tiga atlet nasional panjat tebing Indonesia peraih medali Asian Games 2018 diundang mengikuti turnamen internasional elit panjat tebing di Anshun, Guizhaou, China, 21-22 September ini. Tiga atlet itu adalah Aries Susanti Rahayu, Puji Lestari dan Aspar Jailolo. Mereka diundang IFSC (International Federation of Sport Climbing) karena dianggap telah masuk jajaran atlet elit panjat tebing dunia. Di Guizhaou, ketiga atlet utama ini akan mengikuti nomor andalan mereka yaitu speed putera dan puteri.

Menurut Sapto Harjono dari Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI), ketiga atlet Indonesia ini akan mengikiuti turnamen di China sebagai bagian persiapan menuju Olimpiade Tokyo 2020 mendatang. "Kalau dilihat dari persiapan, pastinya sangat kurang. Mereka baru saja beristirahat full selama dua pekan usai Asian Games. Ini juga baru persiapan selama tiga hari di Yogyakarta atas inisiatif mereka," kata Sapto dalam siaran tertulisnya, Kamis (20/9).

Sementara itu, Aspar Jailolo mengatakan, kemenangannya di banyak arena termasuk di Asian Games lalu telah mendongkrak popularitas olahraga panjat tebing.

"Sekarang anak-anak di kampung saya mengenal saya sebagai atlet panjat tebing karena muncul di media. Orang-orang tua mereka pun memilihkan panjat tebing sebagai aktivitas di luar ruang buat anak-anaknya," kata Aspar.

Sedangkan Aries dan Puji menganggap dukungan sponsor memang menggairahkan olahraga panjat tebing. "Kami harap sponsor memberi dukungan bukan hanya saat Asian Games lalu, tetapi juga pada rangkaian kegiatan terutama yang menuju ke Olimpiade Tokyo 2020 mendatang," kata Aries.

Dalam pelepasan tim panjat tebing Indonesia ke Guizhaou tersebut, pihak FPTI juga menyerahkan penghargaan kepada dua sponsor yaitu PT Pegadaian Persero dan Noore yang merupakan produsen perlengkapan olahraga bernuansa muslim. 

Diketahui, saat Asian Games lalu ada lima perusahaan yang mendukung FPTI, yaitu Bank Syariah Mandiri, Bank BNI, Bank BTN, Eiger dan PT Sarana Multi Infrastruktur.

"Kami ingin mengembalikan tradisi di mana swasta ikut mendukung kemajuan olahraga di tanah air. Di negara maju olahraga telah menjadi industri yang menggerakkan ekonomi dan menggalang partisipasi publik secara luas. Dari sana akan lahir bibit unggul yang dapoat menjamin keberlangsungan prestasi," kata Ketua Umum FPTI Faisol Riza melalui siaran pers tertulisnya.

Tiga atlet nasional panjat tebing Indonesia peraih medali Asian Games 2018 diundang mengikuti turnamen internasional elit panjat tebing di Anshun, China.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News