Tiga Hal Ini Cukup Meringankan Polri Melancarkan Lalin Mudik Lebaran

Tiga Hal Ini Cukup Meringankan Polri Melancarkan Lalin Mudik Lebaran
BELUM JADI: Jalur tol fungsional Pejagan-Gringsing di wilayah Kabupaten Tegal yang belum sepenuhnya jadi namun sudah difungsikan untuk arus mudik Lebaran 2017. Foto: Teguh Mujiarto/radartegal.com

jpnn.com, JAKARTA - Kemacetan akibat arus mudik di ruas Tol Jakarta-Cikampek, dan Cipali hingga Brebes Timur atau Brexit jelang Lebaran kali ini bisa diantisipasi. Bahkan, pemudik yang pulang ke kampung halaman jelang Lebaran relatif tidak menemui kemacetan panjang.

Setidaknya ada tiga hal yang membuat pekerjaan Polri dalam melancarkan arus mudik pada Lebaran kali ini lebih ringan. Yang pertama adalah penerapan contra flow.

Kepala Bagian Operasi Korlantas Polri Kombes ‎Benyamin mengatakan, contra flow sangat membantu sekali mengurai kemacetan di tol. “Ekor kemacetan akan terpotong dengan adanya contra flow," ujar Benyamin di kantor Korlantas, Cawang, Jakarta, Selasa (27/6).

Yang kedua adalah keputusan pemerintah menetapkan tanggal 23 Juni dan 30 Juni sebagai cuti bersama. Dengan demikian, pemudik punya opsi untuk pulang ke kampung halaman ataupun saat kembali ke Jakarta dan sekitarnya pada arus balik.

"Jadi memang libur panjang ini bisa melancarkan arus lalu lintas balik ke Jakarta," katanya.

Yang ketiga adalah tol fungsional dari Brebes hingga Gringsing di Kabupaten Batang. Meski jalur tol fungsional itu sebenarnya jauh dari kategori sempurna, namun sudah sangat mengurangi beban lalu lintas di jalur Pantai Utara (Pantura) Brebes, Tegal, Pemalang, Pekalongan dan Batang.

"Jalur fungsional juga sangat membantu, walaupun malam hari ditutup," pungkasnya.(cr2/JPG)


Kemacetan akibat arus mudik di ruas Tol Jakarta-Cikampek, dan Cipali hingga Brebes Timur atau Brexit jelang Lebaran kali ini bisa diantisipasi. Bahkan,


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News