Tiga Mantan Presiden hingga Bos Gojek Jadi Penasihat Pramuka

Tiga Mantan Presiden hingga Bos Gojek Jadi Penasihat Pramuka
Pramuka. Ilustrasi Foto: JPG/dok.JPNN.com

jpnn.com - Kepengurusan Kwarnas Gerakan Pramuka masa bakti 2018-2023 di bawah kepemimpinan Komjen Pol (Purn) Budi Waseso atau Buwas menjadikan tiga mantan Presiden RI sebagai dewan penasehat.

Ketiganya adalah BJ Habibie, Megawati Soekarnoputri dan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Sejumlah tokoh dari kalangan akademisi hingga pengusaha juga masuk dalam susunan dewan penasehat.

Buwas saat memberikan keterangan pers usai dilantik Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan Jakarta, Kamis (28/12) mengatakan para dewan penasehat tersebut merupakan orang-orang yang punya kemampuan di bidang masing-masing.

Dia pun berharap para dewan penasehat tersebut nantinya dapat menularkan ilmunya kepada generasi muda yang terhimpun dalam Gerakan Pramuka. "Penasihat itu orang-orang yang berkompeten di bidangnya, kita enggak terus apriori," kata Buwas.

Bagi penasehat yang berlatarbelakang pengusaha, lanjutnya, mereka nantinya bisa mengajarkan kepada anggota Pramuka tentang pengelolaan bisnis. Demikian juga untuk bidang lainnya.

"Jadi saya akan dibantu oleh penasihat-penasihat dari segala bidang, nanti ada penasihat agama dan lain-lain. Karya itu akan diturunkan ke generasi muda. Bagaimana jadi penasihat di bidang bisnis, itu di antaranya," tambah kepala Bulog ini.(fat/jpnn)

Berikut 16 tokoh yang masuk susunan dewan penasehat Kwarnas Gerakan Pramuka periode 2018-2023.

1. BJ Habibie
2. Megawati Soekarnoputri
3. Susilo Bambang Yudhoyono
4. Sri Sultan Hamingku Buwono X
5. Try Sutrisno
6. Mustofa Bisri
7. Syafi'i Maarif
8. Siti Martati Murdaya
9. Frans Magnis Suseno
10. Soekarwo
11. Wisnutama
12. Harry Tanoe Soebibdjo
13. Jaya Suprana
14. Slamet Raharjo
15. Eka Cipta Widjaya
16. Nadiem Makarim


Kepengurusan Kwarnas Gerakan Pramuka masa bakti 2018-2023 memasukkan tiga mantan presiden RI sebagai dewan penasehat


Redaktur & Reporter : M. Fathra Nazrul Islam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News